Cara Membuat Vitamin untuk Kambing Cepat Gemuk

Cara membuat vitamin untuk kambing memang banyak dicari peternak. Kambing membutuhkan suplemen tambahan agar kondisinya tetap sehat dan tumbuh baik. Alhasil, nilai jualnya kelak bisa maksimal. Hal yang jarang diketahui peternak, vitamin ini ternyata dapat diracik sendiri. Manfaatnya pun tak kalah dengan yang dijual di pasaran, bahkan lebih aman karena terbuat dari bahan alami. Penasaran bagaimana langkah pembuatannya? Baca informasi berikut sampai akhir.

Cara Membuat Vitamin untuk Kambing

Cara membuat vitamin untuk kambing ini terbuat dari bahan-bahan murah dan pembuatannya mudah dilakukan. Terkategori sebagai herbal multi nutrisi mineral organik karena kaya manfaat sekaligus pengobatan.

1. Mempersiapkan bahan vitamin

Ada beberapa bahan perlu dipersiapkan, yakni daun kelor beserta bijinya, buah mengkudu sekaligus daunnya, gula merah, dan air bersih. Penambahan gula merah bertujuan untuk menggantikan molases dan menambah cita rasa sekaligus aroma. Dengan begitu, kambing terangsang untuk mengkonsumsinya.

Sementara untuk bahan kelor dan mengkudu, pilih kondisi terbaik yang masih segar. Kemudian cuci semua untuk mencegah kemungkinan adanya ulat atau hewan kecil membahayakan lainnya.

Perlu diingat, komposisi bahan harus pas. Kalau bisa gunakan timbangan untuk menakar. Berat yang dibutuhkan adalah 1 kg daun kelor, 1 ons biji kelor, seperempat kilo buah mengkudu, setengah kilo daun mengkudu, seperempat kilo gula merah, dan satu liter air. Apabila ingin membuat lebih banyak, tinggal menambahkan skala kelipatannya.

2. Pembuatan vitamin

Langkah selanjutnya adalah inti cara membuat vitamin untuk kambing. Rebus semua bahan secara terpisah. Khusus daun dan biji kelor haluskan terlebih dahulu sebelum direbus dan panas api tidak boleh lebih dari 60 derajat (api sedang). Setelah selesai proses perebusan, campur semua bahan dan aduk hingga merata.

3. Menyimpan vitamin

Vitamin kambing yang telah jadi tidak mungkin langsung diminumkan keseluruhan. Anda bisa menyimpannya dalam suhu ruang. Sementara dosis pemberian adalah bagi kambing sehat cukup sebanyak 0,5 liter selama satu kali sehari. Lain halnya jika kambing kurang sehat, maka takarannya dua kali lipat.

Manfaat Vitamin Kelor dan Mengkudu untuk Kambing

Vitamin berbahan kelor dan mengkudu memberikan banyak manfaat untuk kambing. Hal ini diperkuat oleh penelitian N. Sultan dan timnya dari Universitas UPM Malaysia. Diantara manfaatnya yaitu:

1. Mempercepat bertambahnya bobot

Vitamin kelor-mengkudu mengandung protein kasar cukup tinggi. Alhasil, jika kambing mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu meningkatkan bobot sebanyak 61,74 gram per hari. Ini tentu sangat menguntungkan peternak.

2. Menyehatkan pencernaan

Masalah kesehatan yang sering dialami kambing adalah pencernaan. Mulai dari kembung, cacingan, sampai diare. Biasanya ini dikarenakan suhu lingkungan terlalu dingin, keracunan, dan masih banyak lagi. Jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kematian.

Nah, sebelum itu terjadi berikan vitamin kelor-mengkudu secara rutin dengan dosis benar. Ini dapat membantunya terhindar dari penyakit-penyakit pencernaan. Sehatnya pencernaan pada akhirnya meningkatkan produktivitasnya.

3. Menyembuhkan sakit flu

Selain masalah pencernaan, peternak seringkali juga kebingungan saat kambing terserang flu pada musim pancaroba. Kondisi kambing pilek yakni hidung berlendir, demam, dan mata berair. Jika sudah demikian, nafsu makannya akan berkurang. Untuk mengatasi ini sekarang tidak perlu repot lagi, berikan saja vitamin kelor-mengkudu yang akan mempercepat proses penyembuhan.

Demikian cara membuat vitamin untuk kambing. Cukup mudah bukan? Selama Anda mengikuti seluruh langkahnya dengan benar, besar kemungkinan dapat mengoptimalkan perkembangannya. Selain rutin memberikan vitamin, juga perlu diperhatikan soal kebersihan kandang dan makanannya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top