6 Cara Mengobati Patah Tulang Pada Kambing

Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang vital pada makhluk hidup baik manusia atau binatang. Karena pentingnya tulang ini dalam menunjang aktivitas, maka permasalahan yang ada tidak boleh diremehkan dan harus segera ditangani.

Sebagai orang yang awam tentang patah tulang yang terjadi pada hewan peliharaan, Anda pasti merasa kebingungan mencari solusinya. Bila itu terjadi pada kambing, alangkah baiknya bila Anda tahu cara mengobati patah tulang pada kambing. Hal ini akan sangat berguna agar langkah yang dilakukan tepat dan kambing dapat segera pulih seperti sedia kala.

Penyebab patah tulang pada kambing

Sebelum melakukan tindakan mengobati patah tulang pada kambing, Anda harus tahu betul apa yang menjadi penyebabnya. Ada 2 hal yang biasanya terjadi antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Penyakit

Patah tulang pada kambing bisa saja terjadi karena adanya penyakit baik itu dari dalam maupun luar. Dalam dunia kedokteran, patah tulang karena penyakit ini disebut patologik. Apabila penyakit muncul dari dalam tulang dan sifatnya lokal, berarti masuk dalam golongan osteomielitis sampai tumor.

Dalam hal ini tumor masih digolongkan menjadi tumor ganas atau tumor jinak. Tumor biasanya akan terjadi pada tulang panjang yang bisa didalam atau diluar. Bila tumor terjadi di luar tulang, tulang akan terdesak dan bahkan sampai rusak.

Dalam hal ini fraktur dapat dibedakan menjadi 3 yaitu berdasarkan berapa banyaknya patahan dan juga derajat kerusakannya. Yang berikutnya adalah pastikan apakah hal tersebut terjadi karena adanya hubungan dengan udara luar. Yang terakhir adalah memperhatikan garis patahan dan bentuknya.

2. Trauma

Walaupun tulang adalah anggota badan yang keras, namun sesungguhnya bagian tubuh ini memiliki daya lentur. Patah tulang bisa saja terjadi karena batasan daya lenturnya terlampaui dan hal ini bisa digolongkan sebagai patah tulang karena trauma yang biasanya disebut traumatika.

Cara mengobati patah tulang pada kambing

Berikut ini adalah cara mengobati patah tulang pada kambing yang bisa Anda lakukan.

1. Membatasi pergerakan kambing

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah batasi pergerakan kambing agar patah tulangnya tidak bertambah parah. Sebagai solusinya Anda dapat meletakkan kambing pada tempat yang lebih sempit dan kecil sehingga tidak bisa banyak bergerak.

2. Memeriksa luka

Agar penanganannya tepat, Anda harus tahu pasti keadaan area lukanya apakah menembus tulang atau tidak.

3. Memberikan pertolongan pertama

Sebelum dibawa ke dokter untuk diperiksakan, cara mengobati patah tulang pada kambing adalah dengan memberikan terlebih dahulu pertolongan pertama.

Bila tulang yang patah terjadi pendarahan dan menembus kulit, gunakan kain handuk bersih atau kasa steril pada lukanya. Jangan memindahkan tulang yang patah tersebut dengan sembarangan karena dapat membuat cidera semakin parah.

4. Tidak perlu membalut terlalu rapa

Balutlah area luka kambing dengan kasa atau handuk namun usahakan jangan terlalu rapat. Tujuan pemasangan kasa ini untuk melindungi agar area luka tidak terinfeksi.

5. Memeriksakan ke dokter hewan

Bila waktu dan lokasi tempat tinggal Anda memungkinkan, segeralah periksakan ke dokter hewan. Jika hewan tidak bisa dibawa ke dokter, panggillah dokter agar datang dan segera mendapatkan penanganan.

Untuk kambing yang patah tulangnya menembus kulit, operasi harus segera dilakukan dalam waktu 8 jam. Namun bila fraktur tertutup, pengobatan harus dilakukan dalam 2 hingga 4 hari.

6. Memberi obat pereda sakit

Selanjutnya adalah memberikan obat pereda sakit bagi kambing sesuai dengan resep yang diberikan dokter. Jangan sembarangan memberikan obat kepada kambing karena bisa membuatnya menjadi keracunan.

Semoga beberapa tips dan cara mengobati patah tulang pada kambing ini dapat membantu Anda yang sedang menghadapi permasalahan tersebut. Rawat dengan baik kambing Anda dan berikan makanan yang bergizi agar segera pulih seperti sedia kala.

Leave a Reply

0
Scroll to Top