Mudah! Ini Dia Cara Membuat Fermentasi Pakan Ayam dari Sayuran

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk pakan fermentasi ayam adalah sayuran. Bagaimanakah cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran?

Pakan fermentasi merupakan salah satu pakan alternatif untuk memberikan suntikan nutrisi pada hewan ternak. Perlu diketahui, pakan yang baik akan menghasilkan hewan ternak berkualitas baik dalam hal hasil daging ataupun telurnya, terutama untuk peternakan ayam.

Selain itu, pakan yang telah difermentasi dapat disimpan dalam waktu cukup lama dan bisa menghemat pengeluaran peternak dalam menyediakan pakan.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Ayam dari Sayuran

Membuat pakan fermentasi menggunakan bahan sayuran bukanlah hal sulit. Berikut ini adalah cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran, diantaranya adalah :

1. Persiapan Bahan

Bahan-bahan yang akan dipergunakan untuk fermentasi sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu agar pada prosesnya bisa berjalan cepat dan mudah. Ini adalah bahan yang perlu Anda persiapkan.

a. Sayur-sayuran

Anda bisa menggunakan sayuran segar yang masih baru atau sisa sayuran yang dibuang. Sisa sayuran bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional karena umumnya dibuang karena kondisinya yang tidak layak jual.

Kumpulkan sisa sayuran ini dalam wadah besar dan potong atau cacah menjadi ukuran yang lebih kecil. Untuk jenis sayurannya, Anda bisa menggunakan kangkung, bayam, selada, kubis, timun atau jenis sayuran lainnya.

b. Nasi Aking

Nasi aking adalah nasi sisa yang tidak termakan dan dibersihkan kemudian dijemur di bawah terik matahari hingga mengering. Biasanya, nasi aking disebut juga dengan nasi karak.
c. Jagung Giling
d. Bekatul
e. Konsentrat
f. Ampas Tahu
g. Suplemen Organik Cair
h. Air Secukupnya

2. Mencampur Bahan

Setelah semua bahan dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mencampur bahan. Ketujuh bahan dicampur hingga merata kemudian ditambahkan air. Proses pengadukan sebaiknya dilakukan secara perlahan supaya pencampuran benar-benar merata. Hal ini akan menyempurnakan proses fermentasinya.

3. Simpan untuk Proses Fermentasi

Cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran selanjutnya adalah mempersiapkan wadah besar untuk tempat penyimpanannya. Setelah semua bahan tercampur rata, pindahkan campuran tersebut ke wadah yang besar. Wadah ini harus memiliki tutup karena proses fermentasi baru bisa berjalan jika tidak ada udara yang masuk. Pastikan wadah benar-benar tertutup rapat dan tidak ada celah.

4. Pemakaian Pakan Fermentasi

Proses ini memakan waktu kurang lebih 3 hari supaya terfermentasi dengan sempurna. Setelah itu, pakan siap disajikan untuk ternak ayam Anda. Jika Anda ingin menyimpan pakan fermentasi lebih lama, gilinglah terlebih dahulu kemudian dikeringkan. Simpan dalam wadah tertutup supaya pakan ini lebih awet dan bertahan lama.

6. Manfaat Pakan Fermentasi Sayuran

Setelah mengetahui cara membuat pakan fermentasi, Anda juga harus memahami apa saja manfaat pakan fermentasi dan keuntungannya. Berikut ini manfaat pakan fermentasi, yaitu :

  • Meningkatkan angka nutrisi pada pakan dari nilai sebelumnya. Sayuran yang difermentasi jauh lebih bagus nilai nutrisinya dibandingkan dengan sayuran segar.
  • Menghemat pengeluaran biaya pengadaan pakan ternak karena harga sayuran lebih murah dibandingkan harga pellet.
  • Dapat disimpan dalam waktu yang lama dan tidak khawatir terjadi pembusukan.

Pakan fermentasi merupakan pakan yang bernilai ekonomis namun mampu memberikan nilai nutrisi yang lebih tinggi. Dengan memberikan pakan fermentasi, ternak Anda akan jauh lebih sehat dan berkualitas. Oleh sebab itu, mempelajari cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran adalah hal yang positif, apalagi jika Anda praktekkan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top