5 Cara Membedakan Sapi Jantan dan Sapi Betina dengan Mudah, Yuk Simak!

Sapi menjadi hewan yang paling banyak dipelihara oleh peternak di Indonesia karena banyak dimanfaatkan. Sebagai hewan ternak, maka sapi harus dijodohkan dengan lawan jenisnya agar dapat berkembang biak dan melakukan perannya masing-masing. Namun, sebelum melakukan ternak pada binatang satu ini, Anda harus mengetahui perbedaan antara si jantan dan betina. Untuk itu, yuk simak beberapa cara membedakan sapi jantan dan sapi betina berikut ini.

5 Cara Membedakan Sapi Jantan dan Sapi Betina

Ada beberapa cara untuk mengetahui mana yang jantan dan betina dengan mudah, antara lain:

1. Warna Kulit

Selain membedakan jantan dan betina melalui jenis kelamin, warna kulit juga bisa menjadi pembeda jenis kelamin. Sapi jantan biasanya berkulit lebih gelap daripada betina, meskipun begitu Anda harus melihat beberapa ciri fisik lain.

2. Tanduk

Beberapa jenis sapi yang memiliki tanduk juga bisa menjadi salah satu ciri pembeda kelamin. Pada jantan tanduk akan terlihat lebih lurus daripada tanduk sapi betina yang terlihat lebih bengkok.

3. Puting Susu

Sapi betina memang dikenal dapat menghasilkan susu atau sapi perah, sehingga memiliki puting yang lebih menonjol daripada pejantan. Berbeda dengan sapi jantan yang konsentrasi produksinya bukan pada penghasil susu, sehingga putingnya tidak terlalu menonjol.

4. Ekor

Anda bisa melihat dari ekornya di mana pada bagian dalam ekor jantan, terdapat testis yang menonjol sehingga cukup terlihat dengan jelas. Berbeda dengan betina yang tidak memiliki testis.

5. Kelamin

Melihat kelamin pada sapi tentu menjadi hal yang paling mudah dan pasti tepat, namun memang membutuhkan usaha. Anda harus melihat jenis kelaminnya di bawah tubuh dekat dengan ekor bagian dalam.

Paling menonjol bisa dilihat dari testis di mana hanya terdapat dapa sapi jantan. Untuk mengetahui bentuk kelamin sapi, Anda juga harus mempelajari atau melihat perbedaan anatomi kelamin pada sapi.

Demikianlah beberapa cara membedakan sapi jantan dan sapi betina yang bisa Anda lakukan sendiri. Perbedaan kelamin juga nyatanya membedakan produktivitas binatang tersebut di mana jantan memproduksi daging, sedangkan betina memproduksi susu. Bagaimana, bukan hal yang sulit Anda lakukan kan?

Leave a Reply

0
Scroll to Top