Supaya Cepat Berbuah, Ikuti Cara Mencangkok Pohon Durian yang Benar Ini

Ada berbagai cara untuk membuat pohon durian tumbuh dan menghasilkan buah yang berkualitas. Tidak hanya itu, banyak petani juga ingin memiliki pohon durian yang dapat menghasilkan banyak buah, sehingga buah mereka ini menjadi buruan banyak orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan pencangkokan. Oleh karena itu, petani harus tahu bagaimana cara mencangkok pohon durian agar tumbuh berkualitas bagus.


Bagaimana Cara Mencangkok Pohon Durian yang Benar

Sebenarnya, meningkatkan kuantitas atau memperbanyak durian ada dua cara, yaitu secara generatif yang artinya menanam banyak pohon atau biji, atau secara vegetatif yang didapat dari hasil cangkok, stek, ataupun okulasi.

Cara mana pun dapat anda lakukan. Namun, bila lahan yang disiapkan termasuk tidak begitu luas, lebih baik anda meningkatkan kuantitas buah dengan cara mencangkok pohon durian agar cepat berbuah. Hal itu dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Menyiapkan peralatan dan pohon

Sebelum melakukan pencangkokan, anda harus menyiapkan alat seperti pisau yang kuat dan tajam, tanah, plastik hitam atau sabut kelapa, pupuk kandang atau kompos, serta tali rafia atau apapun.

Anda juga harus pandai dalam memilih pohon induk yang akan dicangkok. Sebab, pohon ini juga memiliki peran penting dalam perkembangan pohon nantinya. Pilihlah pohon yang sudah memasuki usia minimal dua tahun, memiliki banyak percabangan, pohon yang selalu menghasilkan buah berkualitas dan berkuantitas cukup tinggi.

2. Melakukan pencangkokan

Pencangkokan sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Namun, jika memilih untuk melakukannya saat kemarau, lebih baik disertai dengan penyiraman sebanyak 2 kali sehari dan dilakukan secara rutin.

Begini cara mencangkok pohon durian agar buahnya berkualitas dan menghasilkan banyak buah:

  1. Pilih cabang pohon yang tidak terlalu muda atau tua
  2. Kupas kulit cabang dengan panjang 5 hingga 10 sentimeter hingga hanya menyisakan daging cabang.
  3. Bersihkan cabang dari lendir yang masih menempel saat kulit dikelupas.
  4. Biarkan batang beberapa saat hingga kering, tujuannya untuk menghilangkan kambium pada cabang.
  5. Setelah kering, tutup daging cabang tersebut dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk. Pastikan bentuk tanah dengan benar dan merata pada daging cabang pohon yang sudah dikuliti.
  6. Bungkus tanah tersebut menggunakan plastik atau sabut kelapa dan ikat kuat pada ujung plastik yang telah melingkar pada cabang.
  7. Lubangi plastik pada bagian tengah sebagai sirkulasi udara dan air dengan jarak masing-masing satu sentimeter
  8. Siram hasil cangkok tersebut setiap hari agar tanah tetap lembab.
  9. Umumnya, akar cangkok akan mulai tumbuh dalam kurun waktu 2 hingga 5 bulan. Apabila akar sudah cukup banyak dan kuat, petani dapat memotong cabang tersebut untuk ditanam sendiri di tanah.

Itulah cara mencangkok pohon durian yang benar secara mudah. Jika dilakukan dengan benar, buah pasti akan berkualitas dan berbuah banyak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top