Bukan dari Indonesia, Kenali Asal Usul Rumput Odot Dambaan Petani

Rumput odot sudah dikenal baik oleh peternak sebagai pakan ternak unggulan. Tidak hanya karena kandungannya, rumput odot juga memiliki tekstur daun yang disukai ternak Misalnya, tidak berbulu dan daunnya lembut. Tanaman ini juga dikenal sebagai rumput gajah odot dan di luar negeri disebut dengan Dwarf Elephant Grass.

Agar semakin mengetahui tentang tanaman ini, ada baiknya kita mengetahui asal usul rumput odot beserta keunggulannya, yuk!

Asal Usul Rumput Odot

Rumput odot memang bukan asli Indonesia, tetapi berasal dari Amerika dengan nama latin Pennisetum purpureum cv. Mott.

Ada satu kisah tanaman untuk pakan ternak ini mulai terkenal di Indonesia setelah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Tulung Agung bernama Pak Odot membawanya dari Kanada. Ia mulai mencoba membudidayakannya dengan menanam di wadah pot.

Setelah tanaman berkembang, ia memindahkannya ke kebun. Barulah ia mengetahui tanaman ini sangat disukai hewan ternak saat kambing, sapi, dan domba miliknya selalu memakan rumput ini.
Sejak saat itu, odot dibudidayakan di Indonesia secara besar-besaran. Itulah asal usul rumput odot.

Keunggulan

Seperti yang disebutkan di atas bahwa rumput odot ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk hewan ternak. Seperti lemak daun yang berkadar 2,72% hingga adanya protein kasar sekitar 14%.

Selain nutrisinya, ada beberapa keunggulan lain dari rumput odot, yaitu:

  • Pertumbuhan tanaman cukup cepat dan dapat tumbuh dalam kuantitas yang cukup banyak, yaitu sekitar 50 hingga 80 batang.
  • Memiliki tekstur daun yang lembut, tidak berbulu dan batangnya empuk. Tidak heran jika hewan ternak sangat menyukai daun hijau ini dibandingkan tanaman jenis lain.
  • Rumput ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lahan. Namun, akan tumbuh sangat baik ketika lahan memiliki pencahayaan matahari yang bagus.
  • Setelah dipanen, tanaman akan kembali bersemi hanya dalam kurun waktu dua hari.
  • Jika dibudidayakan dapat dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Peternak yang menggunakan rumput odot sebagai pakan hewan ternaknya mengaku puas karena kualitas yang dimiliki oleh tanaman ini. Bahkan, tidak sedikit peternak yang membudidayakannya sebagai usaha sampingan.

Nah, itulah informasi tentang asal usul rumput odot serta keunggulannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online