fbpx

4 Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia

Penikmat kopi memang tidak ada habisnnya. Semakin kesini kopi menjadi minuman yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Dari kalangan muda hingga orang tua, kopi sangat digandrungi. Terdapat juga berbagai jenis jenis kopi yang dapat dipilih, sesui dengan selera.

Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbaik dan terbanyak, dengan lebih dari 600 ribu ton pertahunnnya. Jenis kopi yang ada di Indonesia juga sangat beragam. Iklim tropis yang dimiliki negara  Indonesia  menjadi keunggulan tersendiri dalam menghasilkan kopi yang khas.

Setiap wilayah memiliki ciri khas tersendiri, dan tentu saja rasa yang berbeda-beda. ada beberapa jenis kopi yang di tanaman di Indonesia sudah masuk ke kancah dunia. Apa saja jenis kopi tersebut?.

1. Kopi Toraja

image via Dikemas.com

Kopi toraja menjadi salah satu jenis kopi Indonesia yang sudah medunia.  Ciri khas dari kopi toraja ini yaitu tidak ada rasa asam yang ditinggalkan di dalam mulut. Hal tersebutlah yang membedakan kopi ini dengan kopi lokal lainnya, karena kandungan asamnya rendah. Kopi toraja berasal dari Sulawesi. Kopi toraja sudah banyak di ekspor ke luar negeri, seperti negara Amerika dan Jepang.

2. Kopi Luwak

images via orami.co.id

Kopi luak menjadi kopi termahal di dunia. Hal tersebut diakibatkan karena kopi luwak merupakan kopi yang diambil dari kotoran luwak. Karena ketersediaanya cukup sulit didapatkan, kopi ini menjadi kopi yang mahal. Selain itu, kopi luwak juga lebih halus dibandingkan kopi lain. hal itu diakibatkan adanya proses fermentasi di dalam perut luwak. Luwak juga hanya memakan kopi segar yang memiliki kualitas terbaik. Kopi luwak banyak di Produksi di Sumatra dan Jawa.

3. Kopi Arabika Gayo

images via travel.kompas.com

Kopi arabika gayo sudah diakui kenikmatannya di kancah dunia, seperti di Amerika dan Eropa. Bahkan di dua benua tersebut, kopi ini dianggap sebagai kopi Premium. kopi arabika gayo ini memiliki kekentalan dan keasaman yang lebih rendah dibanding yang lain. Kopi ini berasal dari Aceh Sumatra Utara.

4. Kopi Arabika Flores Bejawah

images via Cafebrick.co.id

Kopi ini berasal dari Nusa Tenggara Timur, yang juga sudah banyak di ekspor ke negara-negara lain. ciri khas dari kopi ini yaitu ada rasa vanili danh coklat ketika meminumnya. Rasanya cukup unik, tingkat keasaman dari kopi ini juga rendah.

Empat jenis kopi tersebut sudah sangat terkenal, dan di ekspor ke belahan dunia lain. selain empat jenis kopi tersebut ada beberapa juga jenis kopi lain yang cukup terkenal baik lokal maupun internasional.

Leave a Reply

0
Scroll to Top