Waspadai LSD! Inilah Penyakit Kulit Pada Sapi Yang Harus Dihindari

Beberapa bulan yang lalu Indonesia sempat dihebohkan oleh penyakit kulit pada sapi yang sangat fenomenal karena menyebabkan dampak kerugian ekonomi yang luar biasa di kalangan peternak sapi. Penyakit jenis ini juga baru Рbaru saja terjadi karena seluruh dokter hewan  dan masyarakat luas belum benar Рbenar mengetahui penyakit tersebut.

Lumpy Skin Disease atau yang disingkat LSD merupakan penyakit yang menular karena disebabkan oleh virus dari family Poxviridae. Penyakit LSD ini menyebabkan kulit seekor sapi mengeluarkan benjolan pada bagian leher hingga perut. Dampak dari penyakit tersebut sangat signifikan bagi kehidupan sehari – hari, mulai dari hilangnya nafsu makan, penurunan produksi susu yang menurun, dan lain – lain.

Penyakit Kulit Pada Sapi

Biasanya virus ini akan disebarkan melalui gigitan serangga antara lain nyamuk dan lalat. Sehingga untuk menanggulangi penyakit ini yaitu dengan rutin membersihkan kandang sapi secara intens. Jadi ketika gejala ini sudah mulai tampak kepada sapi ternak milik anda maka segera pisahkanlah secara berjauhan antara sapi tersebut dengan sapi yang lain.

Berikut kami akan menjelaskan kepada anda mengenai bagaimana sih caranya melakukan penanggulangan terhadap sapi peliharaan ketika sudah terdampak dari virus ini. Ketika anda telah tahu sapi tersebut terkena virus ini maka anda harus melakukan beragam tindakan sesuai dengan apa yang sudah kami jelaskan di bawah, berikut selengkapnya.

Cara Penanggulangan Penyakit LSD

1. Memberikan Vaksin

Vaksinasi merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran penyakit kulit pada sapi yang satu ini. Vaksinasi bisa anda lakukan pada ketika sapi milik anda tersebut masih belum terjangkit virus kulit mematikan ini atau jika anda telat paling tidak virus tersebut masih ada dalam tahapan inkubasi pada tubuh sapi milik anda.

2. Melakukan Karantina

Sapi milik anda yang sudah terkena penyakit ini maka harus secepat mungkin anda pindahkan. Dipisah antara sapi yang satu dengan sapi yang lain. Ini dikarenakan penularan penyakit ini sangat cepat sehingga anda harus benar – benar sigap dalam melakukan pencegahannya. Jika anda kebingungan untuk mencari cara melakukan pemindahan yang tepat maka anda bisa langsung mengunjungi wisata edukasi di Bogor.

3. Mengendalikan Jumlah Serangga

Melakukan pengendalian jumlah serangga yang menyebar di kandang sapi milik anda tentu menjadi hal yang jangan sampai terlewatkan. Anda bisa melakukan pengendalian tersebut dengan cara menyemprotkan insektisida pada tempat – tempat yang sekiranya menjadi potensi tempat berkembang biaknya serangga.

Penutup

Dengan anda melakukan penanggulangan serta pencegahan yang tepat dan baik. Maka tentu saja hal ini akan meminimalisir terjadinya penyakit kulit pada sapi yang satu ini. Tentu saja hal – hal seperti ini memang harus benar – benar diperhatikan betul. Jika ingin cepat mendapatkan sapi yang sehat dan terpercaya, Anda bisa langsung memperolehnya di StarFarm.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top