fbpx

Tips Menanam Bunga Mawar Menggunakan Cara Stek Batang

Bunga mawar mempunyai jenis yang cukup banyak dengan warna yang beragam pula. Keberagaman warna tersebut juga menimbulkan banyak makna bagi yang mempercayainya. Selain cantik dan wangi, bunga mawar juga digemari karena cara menanamnya yang mudah. Ada dua acara untuk menanam bunga mawar ini. pertama dengan cara menanamnya dari biji , yang kedua dengan cara stek batang. Kedua cara ini sudah banyak sekali dilakukan untuk menanam bunga mawar.

image via m.solopos.com

Stek batang  merupakan cara penanaman dengan memotong batang untuk nantinya ditaman langsung pada tanah.  Penggunaan cara ini lebih banyak digunakan untuk menanam bunga mawar, karena caranya yang cukup mudah dan cepat. Namun masih saja banyak yang belum berhasil menggunakan cara ini.

Oleh karena itu, berikut tips-tips untuk menanam bunga mawar dengan cara stek batang.

1. Pilih jenis bunga mawar yang sesuai

Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan memilih jenis bunga mawar yang seperti apa yang ingin di taman. Pemilihan ini bisa disesuaikan dengan kesukaan, biasanya warna bunga mawar yang menjadi pertimbangan.

2. Cari batang bunga mawar yang sesuai

Pemilihan batang yang sesui sangat penting bagi  penanaman dengan cara stek batang. Karena pemilihan ini nantinya akan menentukan bagaimana pertumbuhan si bunga mawar kedepannya. Batang mawar yang harus dipilih adalah batang mawar yang sudah tua.

3. Potong batang mawar dengan kemiringan 45 derajat.

Saat memotong batang mawar tidak bisa sembarangan. Batang mawar harus dipotong miring, yaitu dengan kemiringan 45 derajat. Selain itu, pastikan peralatan dibersihkan sebelum memotong batang mawar. Pagi adalah waktu yang paling baik untuk memotong batang mawar.

image via ilmubudaya.com

4. Sediakan air untuk menyimpan mawar yang telah dipotong.

Sebelum langsung menanamnya, terlebih dahulu sediakan air untuk mencelupkan batang mawar. Hal ini dilakukan agar batang mawar tidak kering dan tetap terhidrasi sebelum ditanam.

5. Sediakan tanah untuk menanam

Biasanya mawar ditanam pada pot untuk dijadikan hiasan, akan tetapi mawar juga bisa langsung ditanam pada tanah langsung. Jika mawar yang ingin ditanamn beberap,  pastikan mengatur jarak sejauh 15-20 cm.

6. Buat lubang dengan sumpit atau kayu kecil.

Untuk membuat lubang, bisa menggunakan sumpit atau kayu kecil. Lubang yang dibuat bisa sedalam 8-10 cm.

7. Gunakan bubuk hormon

Ketika menanam bunga mawar menggunakan stek, penggunaan hormon ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan akar. Akan tetapi penggunaan bubuk hormon ini opsional.

8. Tanam batang mawar kedalam lubang

Setelah lubang dibuat, masukan stek mawar yang telah disiapkan. Tanam kira-kira setengah tinggi batang mawar.

9. Jangan biarkan batang mawar kering

Setelah menanam batang mawar, pastikan bahwa keadaan tanah tetap lembab. Agar  batang mawar tidak dilanda kekeringan.

Itu dia tips-tips untuk menanam bunga mawar dwngan cara stek batang. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top