fbpx

Tanaman Hias Karnivora Pembasmi Serangga Apa Saja?

Memelihara tanaman hias karnivora bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki tanaman hias yang berbeda dari kebanyakan orang.

tanaman hias karnivora

image via The Guardian

Sebab, tanaman predator ini juga punya banyak keuntungan selain bentuknya yang tidak kalah memikat dari tanaman non-karnivora, yaitu bisa membasmi serangga-serangga yang menyebalkan, dan sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja lalat, nyamuk, walang sangit, atau belakang yang gemar melahap daun.

Nah, di bawah terdapat beberapa tanaman karnivora yang bisa kamu jadikan untuk membasmi serangga-serangga menyebalkan. Apa saja itu? Yuk, mari kita simak bersama-sama!

Tanaman Hias Karnivora Pembasmi Serangga

Sundew (Drosera)

image via Britannica

Di tempat pertama ada Sundew atau Drosera yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi untuk tanaman karnivora. Sundew merupakan salah satu tanaman karnivora yang sebagian besar tubuhnya tertutup tentakel yang memiliki ujung berlapis perekat.

Tentakel ini dapat bergerak untuk membantu tanaman dengan cepat melemahkan dan mencerna serangga yang telah terjebak.Sundew sendiri disebut terdiri dari 200 spesies, dan semuanya sangat bervariasi mulai dari bentuk, ukuran, dan kondisi pertumbuhan.

Kantong Semar

image via Indozone

Buat kamu yang pernah belajar biologi di sekolah tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Ya, kantong Semar. Dinamakan demikian karena mempunyai kantong yang mirip dengan salah satu tokoh pewayangan, Semar. Kantong pada tanaman ini berisikan cairan yang digunakan sebagai perangkap untuk menenggelamkan dan mencerna serangga.

Kantong Semar juga disebut sebagai cangkir monyet karena ada fakta bahwa banyak monyet yang terjebak di dalamnya karena meminum air hujan yang terjebak pada kantong tamaman ini.

Terdapat sekitar 130 spesies untuk tamaman karnivora pasif  ini, dan kebanyakan berada di hutan hujan tropis di Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya.

Venus Flytrap

image via newscientist.com

Buat kamu yang agak jengkel dengan lalat yang benar-benar mengganggu, tanaman hias karnivora yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan.

Tanaman yang mempunyai nama Latin dioanea Muscipula ini juga merupakan tanaman predator yang cukup terkenal.

Tanaman ini berukuran kecil dengan sekitar 4-7daun yang tumbuh dari batang pendek. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai sepasang lobus terminal yang berengsel di pelepah yang membentuk perangkap.

Venus Fflytrap merupakan tanaman yang sangat pintar karena dapat membedakan antara stimulus hidup dan tidak. Lobusnya dapat menutup dalam waktu 0,1 detik. Tanaman ini mempunyai banyak varietas dari satu spesies yang ada.

Bladderworts

image via Britannica

Tanaman karnivora yang satu ini mempunyai tampilan yang cukup mengagumkan. Namun siapa sangka tampilan tersebut menipu banyak serangga yang kemudian dilahap tanaman hias ini.

Hal itu karena bladderworts mempunyai kandung kemih seperti bola isap yang ternyata mempunyai peraba seperti rambut kecil pada permukaan.

Peraba ini menjadi pemberitahuan untuk tanaman yang hidup di perairan terbuka ini untuk mengetahui serangga yang mendarat di tanaman. Dari situlah kemudian kandung kemih yang bentuknya pipih tiba-tiba mengembang, menyedot air, memakan hewan lalu menutupnya.

Pot Lobster

image via Pinterest

Dinamakan demikian karena tanaman karnivora ini mempunyai perangkap yang terlihat mirip dengan perangkap lobster. Perangkap inilah yang akan menangkap mangsa. Prosesnya adalah setelah masuk, serangga tidak akan dapat menemukan jalan keluar.

Hal itu karena serangga tersebut didorong oleh sebuah rambut yang tumpang tindih di dalam perangkap, yang terus memaksa serangga turun dari daun tanaman ke tempat pencernaan.

Butterworts

image via Carnivorous Plant Resource

Tanaman karnivora terakhir adalah butterworts ataup perangkap kertas lalat. Tanaman ini merupakan predator yang bisa aktif juga pasif untuk memangsa serangga.

Butterworts mengandalkan lendir lengket di permukaan daun untuk menangkap mangsa. Tampilan tanaman ini cukup menggoda karena bentuknya yang anggun seperti anggrek dengan banyak pilihan warna seperti kuning, merah muda, dan ungu.

Nah, itulah tanaman hias karnivora yang bisa kamu jadikan rekomendasi dan pilihan untuk membasmi serangga-serangga yang menyebalkan dan menjengkelkan secara efektif.

Cara ini tentu lebih aman daripada harus menggunakan cara-cara instan seperti semprotan atau obat nyamuk yang belum tentu bagus untuk kesehatan. Semoga tulisan ini dapat membantu dan menginspirasi.

(Faaqih Irfan/dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top