7 Manfaat Mengejutkan Merawat Tanaman Hias Geranium di Rumah

Tanaman hias Geranium merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki visual sangat menawan. Tanaman ini terbilang indah karena bentuk bunganya dengan kelopak saling bertumpuk.

Ada beragam warna-warni bunga Geranium yang ada di sekitar kita. Anda bisa menemukan warna merah, putih, ungu dan pink. Tanaman ini sangat cocok dirawat di sekitar rumah dan ternyata mampu memberikan manfaat yang cukup mengejutkan. Apakah itu? Yuk simak info berikut ini.

Manfaat Tanaman Hias Geranium untuk Kehidupan Sehari-hari

Bungan Geranium tidak hanya menjadi tanaman yang akan mempercantik dekorasi rumah Anda, Namun, tanaman ini juga bisa memberikan manfaat lain baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Berikut ini adalah 7 manfaat tanaman hias Geranium, yaitu :

1. Tanaman Pengusir Nyamuk

Jangan kaget jika di musim penghujan, populasi nyamuk akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, Anda bisa mempersiapkan upaya-upaya untuk mencegah pertumbuhan nyamuk di sekitar rumah. Salah satunya adalah dengan merawat tanaman bunga Geranium.

Geranium memiliki aroma yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Karena itulah, tanaman ini sangat tepat untuk diletakkan di sudut-sudut rumah sebagai pengusir nyamuk. Selain indah, rumah Anda juga akan bebas gangguan nyamuk nakal.

2. Mengobati Penyakit Tertentu

Bukan hanya untuk mengusir stress saja, daun tanaman hias Geranium juga sangat manjur untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Diantaranya adalah sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan sakit akibat luka fisik.

Teh daun Geranium dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Senyawa dalam daun ini memiliki kemampuan untuk menstimulasi urin, mengurangi lemak dan kadar gula. Sangat ampuh bukan?

3. Mempercepat Pembekuan Darah

Jika Anda terluka dan berdarah, segera oleskan minyak bunga Geranium. Minyak bunga ini mengandung sifat hemostatik yang mampu menghentikan pendarahan dengan cepat. Darahnya akan segera membeku dan cepat mengering.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Tanaman Geranium mengandung zat astringent yang dapat memicu tubuh kita menghasilkan kolagen. Pemakaian minyak Geranium secara teratur mampu mengurangi keriput, membuat kulit wajah lebih sehat dan kencang.

Selain itu, tanaman hias Geranium juga memiliki sifat anti fungal yaitu untuk membantu mengatasi jerawat pada wajah. Jerawat akan lebih cepat sembuh jika Anda mengaplikasikan minyak bunga ini.

5. Membantu Mengatasi Stress

Sering merasa stress karena pekerjaan dan kepenatan dalam aktivitas sehari-hari? Kini saatnya Anda mencoba terapy dengan aroma bunga Geranium. Bunga ini bisa menghasilkan minyak aromatherapy yang efektif untuk mengusir stress Anda.

Caranya adalah dengan menyeduh daun tanaman ini dengan secangkir air hangat. Aroma yang wangi dan senyawanya akan membantu tubuh Anda memproduksi hormon pengusir stress. Anda bisa tertidur dengan pulas dan bebas gelisah.

6. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Ketika tubuh Anda menerima terlalu banyak zat-zat yang tidak baik, maka akan muncul reaksi seperti sakit, nyeri dan berbagai macam keluhan lainnya. Saat inilah Anda membutuhkan asupan yang membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi teh Geranium karena tanaman ini memiliki sifat yang sama dengan Vitamin C. Senyawa dalam teh Geranium bersifat adaptogen yaitu meningkatkan ketahanan tubuh manusia dan mempercepat penyembuhan.

7. Memperbaiki Sistem Pernapasan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pada sistem pernapasan, cara paling aman adalah menggunakan obat-obatan herbal. Teh Geranium dipercaya mampu meredakan gangguan sistem pernapasan dan memperbaikinya.

Itulah beberapa manfaat tanaman hias Geranium yang bisa Anda pelajari. Jadi, selain indah dipandang dan menyejukkan mata, tanaman ini juga memiliki khasiat yang sangat ampuh. Jadi, sudahkah Anda meletakkan tanaman cantik ini di sekitar rumah?

Leave a Reply

0
Scroll to Top