Sapi Madura, Hewan Ternak Lokal Favorit Khas Jawa Timur

Sapi Madura merupakan salah satu mamalia ternakan yang tersebar di daerah pulau Madura dan sekitarnya. Hewan ini termasuk dalam rumpun sapi lokal asli Indonesia. Sapi khas Madura ini mempunyai komposisi genetik dan keseragaman bentuk fisik yang bagus.

Salah satu kelebihannya adalah mampu beradaptasi dengan sangat baik di lingkungan dengan keterbatasan tertentu. Sapi ini banyak dijadikan pilihan hewan ternak karena terbilang spesies yang tangguh, bisa menghasilkan banyak daging serta memiliki tenaga besar.

Ciri Fisik Sapi Madura

Sapi Madura ini merupakan hasil persilangan dari dua induk berbeda yaitu banteng dengan Bos indicus atau sapi Zebu. Sapi ini memiliki ciri fisik yang sangat menonjol sehingga membuatnya mudah dikenali. Diantaranya adalah :

1. Tubuh Kecil

Sapi ini merupakan jenis sapi yang tergolong sapi kecil. Rata-rata bobot sapi hanya berkisar antara 300 sampai 500 kg. Namun, sapi ini merupakan jenis hewan ternak kesayangan karena sangat mudah proses perawatannya.

2. Berwarna Coklat Terang hingga Merah Bata

Tubuh sapi ini berwarna coklat terang hingga merah bata. Pada bagian perut dan paha dalam terdapat bagian yang berwarna putih. Perbedaan warna ini tidak ditandai dengan peralihan warna yang jelas, sehingga nampak berbaur satu sama lain.

3. Kaki Berwarna Putih

Sapi ini memiliki kaki berwarna putih yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis sapi lain. Meskipun tidak sepanjang kaki sapi jenis lain, namun kaki sapi Madura ini memiliki kekuatan yang cukup besar.

Karena kakinya yang sangat kuat, tidak heran jika sapi ini sering dipergunakan sebagai sapi karapan. Karapan adalah tradisi asli masyarakat Madura di mana mereka mempertandingkan kereta yang ditarik oleh sapi-sapi.

4. Tanduk Pendek

Tanduknya memiliki bentuk yang cukup menarik yaitu melingkar dan melengkung ke arah depan menuju ke ujung tanduknya. Tanduk sapi betina berukuran kurang dari 10 cm sedangkan sapi jantan hanya berukuran sampai 20 cm.

5. Ada Punuk

Berbeda dengan sapi Bali yang tak memiliki punuk, Anda akan menemukan punuk di punggung sapi khas Madura ini. Ukuran punuknya memang tidak terlalu besar namun cukup menonjol dan mudah terlihat.

Kelebihan Sapi Madura

Sapi Madura memang memiliki ukuran yang relatif kecil namun sapi jenis ini banyak diburu dan dicari oleh pembeli. Hampir sebagian besar komoditas sapi potong didominasi oleh sapi dari Madura ini. Kontribusinya mencapai 24 % dari total kebutuhan sapi potong nasional.
Berikut ini adalah kelebihan dan keutamaan sapi lokal provinsi Jawa Timur ini, yaitu :

1. Mudah Dikembangbiakkan

Sapi ini tergolong sebagai sapi yang mudah diternakkan dan dipelihara. Mereka tidak terlalu rewel atau membutuhkan banyak perhatian khusus. Sapi-sapi ini bahkan bisa tetap tumbuh dengan baik meskipun tidak mendapatkan asupan makanan berkualitas.

2. Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk beternak sapi, jenis sapi ini adalah pilihan yang paling tepat. Mereka dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru.

3. Tahan Terhadap Beberapa Penyakit

Beberapa penyakit yang mudah menyerang jenis sapi lain, nampaknya bisa ditanggulangi secara alami oleh daya tahan tubuh sapi dari Madura ini. Mereka cukup tahan terhadap beberapa penyakit sapi.

4. Prosentase Karkas Tinggi

Prosentasi karkas sapi ini cukup tinggi yaitu sekitar 50 – 60 persen. Jumlah ini tidak kalah dengan prosentasi karkas sapi import.

5. Harga Lebih Terjangkau

Selain daging dan tenaganya yang cukup besar, sapi ini difavoritkan karena harganya juga lebih terjangkau. Kualitas sapinya pun tidak kalah bagus dengan jenis sapi lainnya.

Sapi Madura adalah salah satu opsi terbaik bagi pembeli yang ingin beternak atau memilih jenis sapi untuk disembelih. Ketersediaan stok sapi ini juga cukup melimpah sehingga memudahkan pembeli untuk memilih sapi sesuai dengan kebutuhannya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top