Sapi Highland, Sapi Menggemaskan yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan!

Pernah berkeinginan punya hewan peliharaan yang antimainstream tapi lucu? Sapi Highland bisa jadi salah satu rekomendasi yang wajib masuk list, karena selain sapi belum lumrah dipelihara sebagai pet. Sapi jenis ini memiliki karakter yang friendly ditunjang dengan tampilan poni fluffy yang menggemaskan, penasaran? Mari berkenalan lebih dekat!

Photo by Tom Robinson on Unsplash

Jenis Ternak Legendaris asal Skotlandia

Sapi ini merupakan hewan ternak yang legendaris karena sudah ada sejak abad ke-6 namun baru tercatat pada 1885. Berasal dari dataran tinggi Skotlandia, dan merupakan jenis hewan yang hidup pada cuaca dingin.

Stylish dengan Rambut Panjang Berponi

Memiliki tampilan yang menarik karena rambut yang menutupi seluruh tubuhnya. Serta semakin stylish dengan poni yang tak jarang tumbuh panjang hingga menutupi mata. Adanya rambut panjang ini memiliki fungsi untuk melindungi tubuh sapi Highland dari cuaca dingin. Sapi ini memiliki dua lapisan mantel rambut. Lapisan pertama untuk melindungi kulit dari air hujan sehingga memiliki sedikit minyak pada lapisan ini, dan yang ke dua adalah bulu halus yang berfungsi untuk memberikan kehangatan lebih pada musim dingin. Sehingga, sapi Highland sulit beradaptasi dan tinggal di wilayah yang memiliki cuaca panas.

Daging Murni Berkualitas Tinggi

Meskipun tampilan sapi Highland sangat menggemaskan dan terlampau sayang jika harus dikonsumsi, namun pada dasarnya sapi ini dapat diternakkan. Peternak sapi Highland tidak menerapkan sistem pemeliharaan intensive, dan lebih memilih sistem penggembalaan dengan mengedepankan konsep animal welfare. Sapi Highland memiliki kualitas daging yang premium. Selain rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, sapi ini juga tinggi akan kandungan protein dan zat gizi. Serta semakin sehat karena memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah. Kualitas daging tinggi seiring juga dengan harga jual yang tinggi, namun permintaan pasar akan kualitas daging premium relatif rendah. Sehingga untuk tetap menembus dan memenuhi kebutuhan pasar  maka sapi Highland biasa di silangkan dengan jenis sapi lain. Diantaranya adalah Shorthorn atau Limousin untuk menghasilkan daging berkualitas namun dengan harga yang kompetitif.

Ramah dan Bersahabat

Tampilan fisik boleh bertanduk, tapi siapa sangka bahwa sapi menggemaskan ini memiliki sifat yang sangat ramah dan jinak. Alasan mengapa sapi Highland sangat cocok jadi hewan peliharaan tak hanya karena memiliki rambut panjang dan poni fluffy menggemaskan. Namun karakter yang ramah dan manja yang suka mendekati orang-orang untuk memperoleh perhatian menjadi nilai plus lainnya. Sapi Highland tidak agresif, memiliki tingkat stres yang rendah, dan tidak pernah bertengkar satu sama lain. Namun jangan coba-coba mengganggu anak-anaknya, karena sapi jenis ini merupakan induk yang protektif.

Itulah beberapa informasi mengenai sapi Highland yang telah ribuan tahun menjadi sahabat dan hidup berdampingan dengan manusia, tertarik untuk memeliharanya? Sebelum memutuskan, pastikan dulu bahwa wilayah kalian memiliki cuaca yang dingin dan cocok sebagai habitat sapi menggemaskan ini yah!

Leave a Reply

0
Scroll to Top