Semua Tentang Sapi Hereford yang Perlu Anda Ketahui

Inilah salah satu jenis sapi potong yang tingkat kepopulerannya sangat tinggi dan tetap diminati hingga sekarang ini. Sapi Hereford memiliki kualitas daging dan susu yang luar biasa melimpah. Ukuran tubuhnya memang tidak bisa dibilang jumbo namun pertumbuhan sapi ini sangat cepat dengan produktivitas tinggi. Bagi Anda yang ingin beternak sapi yang juga dikenal dengan nama sapi Herpol ini, yuk kita simak lebih mendalam karakteristik dan kelebihannya.

Asal Mula Sapi Hereford

Beberapa sumber menyebutkan bahwa sapi Hereford diciptakan oleh seorang peternak bernama Benjamin Tomkins. Tomkins mengawinkan anak sapi jantan dari trah sapi Silver dengan dua anak sapi betina dari jenis Pidgeon dan Mottle.

Saat itu, didapatkan sejenis sapi besar dengan ukuran dewasa mencapai 1500 kg. Namun semakin lama, ukuran sapi ini semakin mengecil karena lebih difokuskan pada kualitas dagingnya. Sapi ini berkembang dengan pesat di sekitar abad 17 dan 18.

Sumber lain menyebutkan bahwa, Hereford adalah nama pemberian untuk sapi merah yang berkembang biak secara alami di Herefordshire Inggris. Para peternak setempat mulai melirik dan mengembangkan sapi-sapi ini pada abad ke 18 di tempat peternakan bersejarah Inggris.

Bagaimanapun asal mula sapi ini, kini jenis Hereford asli sudah tidak banyak ditemukan lagi. Seiring perkembangan waktu, bentuk asli Hereford semakin berubah karena banyaknya kawin silang. Bahkan konon, leluhur Hereford telah hilang ditelan waktu.

Karakteristik Sapi Hereford

Generasi modern Hereford memiliki karakter yang cukup berbeda dengan pendahulunya. Sapi Hereford modern memiliki warna tubuh merah gelap hingga kekuningan. Bagian dadanya berwarna putih. Begitu pula dengan perut, pergelangan kaki dan ujung ekor.

Hereford mempunyai bentuk tanduk yang unik yaitu tebal dan pendek. Tanduknya melengkung ke arah bawah di bagian sisi kepalanya. Mata sapi ini terbilang kecil untuk ukuran kepala dan wajahnya yang besar.

Hereford dewasa bisa mencapai bobot 900 kg untuk jenis jantan dan 600 kg untuk betinanya. Tubuh sapi ini terlihat berotot dan nampak besar namun tidak bergelambir dan cukup ramping. Saat pemotongan, tubuhnya dapat berkembang dengan baik untuk produksi daging.
Sapi ini memiliki daya tahan yang sangat baik untuk menghadapi berbagai macam kondisi alam.

Mereka mampu bertahan di dinginnya udara Artik, terik panas matahari di Transvaal utara, suhu ekstrem di Uruguay hingga cuaca tropis dan sub-tropis berbagai belahan dunia.

Mereka juga memiliki karakter yang baik sebagai sapi ternakan. Sifat jinak dan tenang sudah menjadi karakter dasarnya. Mereka juga mampu dan terampil untuk mencari makan sendiri. Umur dan masa produktif yang panjang juga salah satu karakternya.

Keunggulan Sapi Hereford

Banyak peternak yang melirik untuk mengembangkan sapi Hereford. Berikut ini adalah kelebihan dan keunggulan hewan ini dibandingkan dengan jenis sapi lain yaitu :

1. Ukuran Cukup Besar

Hereford memiliki ukuran yang cukup besar dibanding jenis sapi lain. Mereka dikategorikan dalam jenis sapi berukuran sedang. Ukuran sapi akan membesar seiring dengan pertumbuhan dan usianya. Semakin baik pakannya, ukurannya juga akan semakin meningkat.

2. Efisien Pakan dan Perawatan

Sapi ini bukan merupakan jenis sapi yang pilih-pilih pakan. Mereka juga pintar dan mudah diatur dalam mengonsumsi pakannya. Terlebih di musim dingin, pemberian pakan bisa diatur seefisien mungkin. Sapi ini tidak membutuhkan perawatan khusus atau tertentu.

3. Harga Tinggi

Selain ukurannya yang relative besar, Hereford memiliki kualitas daging dan susu yang baik. Inilah salah satu alasan mengapa sapi ini memiliki harga jual yang tinggi dan cukup stabil di pasaran.

Itulah beberapa informasi mengenai sapi Hereford yang perlu Anda ketahui. Hereford menjadi salah satu jenis sapi ternakan unggulan yang banyak disukai oleh peternak di seluruh dunia. Sapi ini banyak dikembangkan di semua belahan dunia dan mendominasi atas jenis sapi lainnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top