Terbukti Ampuh! Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Semua peternak tentu menginginkan kambing peliharaannya tumbuh gemuk. Namun, seringkali hewan ruminansia ini nafsu makannya turun karena sakit. Ada pula yang sudah banyak makan, tetapi masih kurus. Biasanya ini terjadi pada kambing yang terkena cacingan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, cepat atau lambat peternak pasti merugi. Lantas, bagaimana kira-kira solusinya? Silahkan simak resep ramuan cara menggemukkan kambing dari bahan-bahan alami berikut ini.

Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Ada banyak bahan bisa digunakan sebagai ramuan cara menggemukkan kambing. Silahkan pilih resep paling mudah.

1. Ramuan mentimun

Hampir semua orang menyediakan mentimun di dapurnya. Sekarang sayur ini bisa dimanfaatkan sebagai ramuan penggemuk kambing. Caranya, parut 2 buah mentimun lalu campur dengan asam jawa, garam dapur, dan terasi. Aduk merata dan tambahkan air secukupnya. Ramuan ini diberikan pada kambing setiap tiga hari sekali.

2. Ramuan kencur

Siapa yang tak tahu luar biasanya rempah satu ini? Kencur juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan kambing serta menjaganya dari penyakit. Resepnya adalah parut 1 ons kencur, lalu tambahkan telur ayam 1 butir. Sama seperti ramuan mentimun, kambing hanya perlu meminum setiap tiga hari sekali.

3. Ramuan daun buni

Jamu tradisional untuk penggemukan kambing selanjutnya terbuat dari daun buni. Siapkan 5 lembar daun buni, lengkuas sebesar ibu jari, garam, dan terasi. Campur semua bahan dan tumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya, kemudian saring. Untuk jamu dengan bahan ini cukup untuk dua kambing. Apabila kambing Anda lebih, tinggal menambahkan kelipatannya.

4. Ramuan telur ayam kampung

Ramuan cara menggemukkan kambing ini populer di kalangan peternak. Ambil beberapa butir telur, lalu tambahkan gula jawa dan asam jawa. Silahkan beri kambing ramuan ini setiap hari saat nafsu makannya menurun. Apabila nafsu makan baik, maka cukup tiga hari sekali.

5. Ramuan daun pepaya

Meski pahit, daun pepaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk kambing. Cara membuatnya tumbuk daun pepaya lalu peras untuk diambil airnya. Jangan lupa tambahkan beberapa butir telur ayam. Minumkan ramuan daun pepaya setiap tiga hari sekali.

6. Ramuan temulawak

Sudah banyak yang tahu temulawak berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Tidak hanya bagi manusia, menggemukkan kambing juga bisa menggunakan ramuan ini. Caranya, tumbuk temulawak dan lempuyang sampai halus. Tambahkan sedikit kecap dan air. Rebus ramuan sampai mendidih. Cukup diminumkan sebanyak dua minggu sekali.

7. Ramuan pisang

Pisang terkenal menyehatkan organ pencernaan. Jika dimakan kambing, buah ini dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus mencegah berbagai penyakit perut. Resep ramuan ini adalah seperti membuat kolak pisang untuk manusia.

Potong-potong pisang, masak menggunakan santan, gula jawa, dan sedikit garam. Masak sampai pisang sampai benar-benar empuk. Anda bisa memberikannya setiap tiga hari sekali. Wangi santan dijamin membuat kambing suka dengan ramuan ini.

8. Ramuan daun jarak

Terakhir, ramuan berbahan daun jarak. Ambil segenggam daun jarak kemudian rendam dalam air garam. Simpan dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Beri kambing jamu tradisional ini satu sendok sehari. Apabila air habis, Anda bisa menambahkannya.

Jadi, itulah ramuan cara menggemukkan kambing. Cukup mudah bukan? Anda tinggal memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Paling penting, lakukan dengan rutin dan ikuti langkah pembuatannya dengan benar.

Selain faktor makanan, jangan lupa membersihkan kandang secara teratur untuk menghindari penyakit dan membuat kambing nyaman. Selamat mencoba, ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top