fbpx

Hindari Pewarna Kimia, Pakailah Pewarna Alami ini Untuk Membuat Makanan.

Pewarna makanan menjadi satu hal yang penting untuk membuat makanan agar tidak monoton. Vareas- vareasi warna yang digunakan juga sangat beragam, hal tersebut digunakan untuk menarik minat dan menambah tampilah yang menarik. Banyak makanan yang diwarnai menggunakan pewarna dengan bahan kimia, seperti warna merah, hijau, kuning, biru dan masih banyak lagi warna-warna lainnya. Dibanding menggunakan pewarna makanan kimia, cobalah pewarna alami ini yang berasal dari tumbuhan.

Merah dari buah naga

Buah naga memiliki warna merah yang cukup pekat. Warna merah dari buah naga ini bisa dijadikan pewarna alami untuk membuat makanan. Buah naga bisa dijadikan pewarna alami dengan memblender buah naga merah dan menyaring bijinya. Setelah itu bisa di aplikasinyan kepada makanan yang dibuat. Merah yang dihasilkan tentunya sangat cantik dan pastinya menyehatkan.

image via popmama.com

Hijau dari daun suji

image via sajiansedap.grid.id

Untuk mendapatkan warna hijau secara alami, bisa menggunakan daun suji. Daun suji memiliki bentuk daun yang Panjang berwarna hijau pekat. Untuk mengeluarkana warna hijau dari daun suji biasanya bisa ditumbuk atau di blender dengan ditambahkan air, kemudian di saring. Hijau daun suji yang didapatkan busa untuk mewarnai  kue atau makanan lainnya.

Kuning dari kunyit dan wortel

image via jawapos.com

Kunyit dan wortel menghasilkan warna kuning yang bagus sekali untuk menjadi pewarna makanan. Kuning kunyit biasanya digunakan untuk membuat nasi kuning, selain itu warna kuning ini juga dimanfaatkan dalam olahan soto. Sama halnya dengan kunyit, wortel juga menghasilkan warna  (jingga/oranye)  yang bisa dijadikan sebagai pewarna kue atau makanan lainnya. Selain menjadi pewarna makanan, kunyit dan wortel tentunya memiliki kandungan yang baik sekali untuk tubuh.

Ungu dari ubi ungu

image via blog.sayurbox.com

Selain ubi kuning dan ubi putih, ada juga jenis lain yaitu ubu ungu. Ubi ungu bisa dijadikan sebagai pewarna alami. Biasanya digunakan dalam pembuatan makanan tradisional. Ungu yang dihasilkan juga sangat menarik looh.

Biru dari bunga telang

image via dekoruma.com

Bunga telang mampu menghasilkan warna biru yang bisa dijadikan sebagai pewarna alami untuk makanan. Cara untuk menghasilkan warna biru dari bunga telang yaitu dengan merebus kelopak bunga. Air harisl rebusan dari bunga telang akan berwarna biru dan bisa dijadikan pewarna. Selain bunga telang, warna biru juga bisa dihasilkan oleh kubis.

Bahan bahan alami tadi bisa dijadikan sebagai penggati pewarna makanan kimia. Yuk jaga tubuh dengan menggunakan pewarna alami yang sudah tersedia di alam. Tentunya juga sangan menarik untuk dijadikan makanan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top