Peternak Wajib Tahu! Ini Manfaat Molasses Pada Ransum Ternak Serta Takaran yang Aman

Bagi Anda yang telah lama menekuni usaha peternakan mungkin tidak asing lagi dengan istilah molasses. Ya, molasses atau lebih dikenal dengan tetes tebu merupakan limbah utama dari proses pemurnian gula yang memiliki tekstur encer berwarna hitam. Tidak sekedar limbah, molasses adalah produk sampingan gula yang memiliki kandungan serat kasar 0,6%, protein kasar 3,1%, lemak kasar 0,9%, dan abu 11,9%. Maka dari itu, banyak sekali peternak yang memanfaatkan molasses sebagai bahan campuran pada ransum pakan hewan ternak unggas maupun ruminansia.

Lantas, apa manfaat dari pemberian molasses dalam formulasi ransum pakan ternak? Berapa takaran molasses yang aman digunakan? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan simak penjelasan selanjutnya.

Manfaat Pemberian Molasses ke Dalam Ransum Pakan Ternak

Salah satu contoh penambahan molasses dalam ransum pakan ternak, yaitu pengolahan pakan UMB (Urea Molasses Block). Adapun manfaat dari mencampurkan molasses dalam formulasi ransum pakan ternak adalah sebagai berikut:

  • Membantu Meningkatkan Bobot Hewan

Pemberian molasses sebanyak 5 % ke dalam ransum pakan ternak yakni rumput gajah, jagung, dedak padi, dan tepung ikan akan membantu peningkatan bobot hewan ternak secara signifikan.

  • Membantu Meningkatkan Energi

Ketika dicampurkan ke dalam ransum pakan, kandungan  molase yang kaya akan nutrisi dan gizi akan menjadi sumber energi, mineral, dan protein bagi hewan ternak.

  • Membantu Meningkatkan Kualitas Pellet

Molasses dapat digunakan sebagai pellet binder, sehingga meningkatkan kualitas pellet.

Takaran Penggunaan Molasses yang Aman

Molasses memiliki kadar air antara 15-25% yang berarti kandungan mineralnya cukup tinggi. Maka dari itu, penggunaan molasses dalam formulasi ransum pakan ternak yang aman adalah 2%-5%. Pemberian lebih dari takaran ini akan memberikan dampak negatif, diantaranya:

  • Mengganggu proses penambahan bobot hewan ternak karena energi dalam pakan terlalu tinggi
  • Menyebabkan keracunan pada hewan ternak dengan gejala kebutaan dan inkoordinasi akibat deteorisasi otak

Demikian informasi mengenai manfaat molasses dalam formulasi pakan ternak dan takarannya yang aman. Segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan akan menimbulkan efek yang negatif. Begitu pula dengan molasses, meski fungsinya bagi pakan ternak sangat baik, namun apabila diluar batas takaran justru menimbulkan bahaya. Maka dari itu, gunakan molasses secara bijaksana (sesuai takaran) demi kesuksesan usaha ternak Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *