Daftar Peralatan Kandang Beternak Ayam Kampung, Yuk Cek!

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, beternak merupakan salah satu kegiatan sampingan yang cukup menguntungkan. Selain bisa untuk mengisi waktu luang, beternak dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Hewan ternak bisa dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah beternak ayam kampung.

Ayam yang paling umum diternakkan adalah ayam kampung super atau yang biasa dikenal dengan Joper. Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam beternak ayam super adalah kandang beserta semua peralatan kandang. Kedua hal ini adalah aspek utama untuk mendukung kesuksesan beternak hewan apapun, terutama ayam kampung super.

7 Peralatan Kandang Ternak Ayam

Perlengkapan untuk kandang sebaiknya disiapkan dengan sebaik-baiknya dan tidak asal-asalan. Pasalnya, keberlangsungan ternak ayam kampung bergantung pada kesiapan Anda sepenuhnya. Tanpa peralatan yang memadai, ternak ayam pun akan terasa kurang maksimal sehingga hasilnya pun akan kurang memuaskan.

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha ternak ayam, diantaranya adalah :

1. Tempat Pakan dan Minum

Sebagai makhluk hidup, ayam membutuhkan makan dan minum secara teratur. Cara Anda memberi makan dan minum akan memengaruhi kualitas kesehatan ayam secara keseluruhan. Jika Anda membiarkan mereka makan seadanya dengan kondisi kurang bersih, bukan tidak mungkin ayam-ayam akan mudah terserang penyakit. Jadi, peralatan kandang pertama yang harus dipersiapkan adalah wadah pakan dan minum.

Tempat pakan dan minum untuk ayam ada bermacam-macam tergantung dari ukurannya. Ayam yang baru saja menetas atau DOC sebaiknya diberi wadah yang sesuai ukuran tubuh mereka. Ukuran pakannya lebih kecil dan mudah terjangkau. Hal ini bertujuan supaya makanan minuman tidak berhamburan ke manapun dan tetap menjaga kandang dalam kondisi bersih.

2. Alat Pemanas

Alat pemanas atau yang biasa disebut dengan brooder adalah peralatan kandang kedua yang juga dibutuhkan. Brooder bertujuan untuk menjaga kandang supaya tetap hangat. Alat pemanas ini menjaga suhu tubuh ayam DOC menggantikan kehangatan tubuh induknya. Bentuk brooder ada bermacam-macam. Ada yang menggunakan gasolek, lampu pijar, kompor ataupun lampu minyak. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan besar kandang ayam.

3. Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengetahui suhu ruangan saat itu. Dengan alat ini, Anda akan terbantu untuk melihat bagaimana kondisi suhu ruangan, apakah terlalu dingin atau cukup hangat. Ayam DOC membutuhkan perlakukan khusus selama mereka masih belum berusia 30 hari. Mereka harus selalu dalam kondisi hangat supaya tidak mudah mati. Letakkan termometer di tempat yang mudah dilihat tanpa perlu disentuh secara langsung.

4. Ember dan Gayung

Peralatan kandang selanjutnya adalah ember dan gayung. Kedua alat ini digunakan untuk mengambil pakan dan air minum. Persiapan pakan ternak sebaiknya dilakukan di tempat yang bersih di sekitaran kandang. Hal ini bertujuan supaya pakan tidak tercecer ke mana-mana dan menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan rapi.

5. Sekop dan Selang

Saat makan, ayam-ayam pasti akan berebutan dan menjatuhkan banyak makanan. Hal ini akan membuat kandang menjadi kotor. Belum lagi, sisa kotoran mereka yang berserakan. Anda harus membersihkan kandang agar ayam tidak terserang penyakit. Untuk itu, Anda akan membutuhkan peralatan kandang seperti sekop dan selang.

6. Kawat

Tempat pakan ayam sebaiknya tidak diletakkan di lantai kandang. Hal ini bisa membuatnya mudah tumpah karena terinjak oleh ayam-ayam. Cara yang paling tepat adalah dengan menggantungkannya dari atas kandang.

7. Drum

Drum digunakan untuk menampung air supaya Anda mudah mengambil minum ataupun membersihkan kandang.

Itulah ketujuh peralatan kandang yang wajib Anda persiapkan. Sebaiknya semua peralatan ini sudah disediakan begitu Anda berniat memulai untuk beternak ayam.

Leave a Reply

0
Scroll to Top