Ini Penyebab Munculnya Bintik Hitam di Kulit Pisang dan Penanganannya

Kulit pisang yang kuning atau hijau mulus adalah salah satu daya tarik buah berkalium tinggi ini, tapi bagaimana jika muncul bintik hitam di permukaannya? Untuk itu, Anda harus mengetahui penyebab munculnya bintik hitam di kulit pisang dan penanganannya.

Bintik hitam pada permukaan kulit memang bukan pertanda bahwa pisang sudah mengalami pembusukan. Tapi, adanya titik hitam ini terkadang mengurangi minat orang-orang yang hendak mengonsumsinya. Karena itu, Anda perlu mengenal penyebab kemunculan serta memahami cara penanganannya.

Penyebab Munculnya Bintik Hitam di Kulit Pisang dan Penanganannya

Buah pisang dipanen sebelum buah ini benar-benar matang. Mungkin akan ada satu atau dua pisang yang sudah nampak berubah warna. Ini pertanda bahwa setandan pisang sudah cukup tua dan waktunya untuk dipanen.

Saat pisang sudah masak semua dan berada dalam kondisi terbaiknya, kulit pisang akan nampak hijau atau kuning mulus. Namun beberapa saat kemudian, kulit pisang mulai berubah dengan munculnya beberapa bintik hitam dan sekilas nampak layu.

Sebenarnya, apakah arti dari kemunculan titik hitam pada kulit pisang yang sudah masak ini? Mari kita pelajari penyebab munculnya bintik hitam di kulit pisang dan penanganannya berikut ini.

1. Pisang terlalu Matang

Tanda pisang yang sudah benar-benar matang adalah munculnya bintik hitam pada permukaan pisang. Banyak orang yang lebih memilih pisang berbintik dari pada pisang yang masih mulus.

Bintik hitam ini bukan sebagai pertanda bahwa pisang sudah mengalami pembusukan. Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Rasa buah pisang akan lebih nikmat dan legit dalam kondisi sudah berbintik.

2. Pisang Memiliki Kandungan Gula Lebih Tinggi

Kandungan gula yang tinggi pada pisang yang sudah masak ditandai dengan munculnya bintik hitam. Jadi, jika Anda ingin mencari pisang yang lebih manis, pilihlah yang sudah memiliki bintik hitam di permukaan kulitnya.

Meskipun kandungan gulanya cukup tinggi, namun tidak terlalu membahayakan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan rasa manis yang dihasilkan buah pisang yang sudah masak memiliki indeks glikemik rendah.

3. Kandungan TNF Tinggi

Pisang yang sudah benar-benar masak mengandung Tumor Necrosis Factor (TNF). TNF berfungsi untuk melawan sel abnormal atau sel kanker dalam tubuh. Kandungan TNF dalam pisang ditandai dengan munculnya bintik hitam di permukaan.

Semakin banyak bintik hitamnya, semakin tinggi pula kandungan TNFnya. Namun perlu diperhatikan bahwa bintik hitam ini hanya ditemui pada pisang yang memiliki warna kulit kuning saat matang.

4. Sebab Faktor Eksternal

Salah satu penyebab munculnya bintik hitam di kulit pisang dan penanganannya adalah dikarenakan faktor eksternal. Bisa jadi, saat pisang dipanen, kulit pisang mengalami benturan, gesekan, tergores atau terkena getah.

Untuk metode penanganannya, Anda harus melihat terlebih dahulu penyebab kemunculan bintik hitam ini. Jika memang dikarenakan faktor alami seperti sudah benar-benar matang, hal ini tidak bisa dihindari. Bahkan, bintik hitam justru baik untuk kesehatan.

Namun jika penyebab bintik hitam adalah faktor luar, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal untuk pencegahannya. Anda bisa membungkus pisang dengan plastik supaya terhindar dari gesekan dan benturan secara langsung. Terlebih lagi saat proses pengiriman, pisang-pisang pasti akan rawan tergores.

Penyebab munculnya bintik hitam di kulit pisang dan penanganannya memang harus diketahui lebih mendalam. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak salah persepsi dan menganggap bahwa pisang yang sudah berbintik itu adalah pisang yang sudah busuk.

Leave a Reply

0
Scroll to Top