fbpx

Meski Sederhana, Coba Perhatikan Bagaimana Syarat Menanam Buah Naga.

Di Indonesia buah naga bukan lagi buah yang asing untuk dikonsumsi. Buah yang dihasilkan dari salah satu jenis kaktus ini memiliki bentuk yang cukup unik. Berwarna merah muda dan memiliki sirip hijau di kulitnya, membuat buah ini mirip dengan naga. Warna daging buah naga ada yang berwarna putih atau pun merah, dengan warna kulit merah dan juga warna kuning.

image via popmama.com

Buah naga berasal dari benua Amerika tepatnya di Meksiko, namun sekarang juga sudah banyak dibudidayakan seperti di negara-negara asia termasuk di Indonesia. Banyak sekali daerah-daerah yang sudah membudidayakan buah naga seperti di daerah Yogyakarta,  Banyuwangi, Bogor atau daerah daerah lainnya. Pembudidayaan buah naga ini bukan hanya memproduksi buah untuk di jual, namun juga banyak yang menjadikannya agrowisata.

cara vegetatif dan generatif

Menanam buah naga cukup sederhana, penanaman bisa dilakukan dengan cara vegetatif atau generatif. vegetatif dilakukan dengan cara stek yaitu dengan memotong batang pohon buah naga. Sedangkan cara generatif yaitu dengan menggunakan biji dan disemai.

image via fajar.co.id

Biasanya orang-orang yang menanam buah naga lebih banyak menggunakan  cara yang pertama yaitu stek batang. Karena tahapannya cukup mudah dan relatif cepat berbuah. ketika memilih batang yang yang akan digunakan tidak boleh asal pilih. Pilihlah batang pohon buah naga dengan Panjang minimal 80 cm dengan diameter 8 cm. selain  itu pilih juga pohon buah naga yang minimal telah berbuah 4 kali.

image via thegorbalsla.com

tekstur tanah dan ketinggian

Buah naga merupakan buah yang masuk pada jenis tumbuhan kaktus, maka dari itu pohon buah naga mampu menyimpan airnya dalam pohon. Ketinggian tanah yang bagus untuk menanam buah naga yaitu sekitar 0-350 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 720mm per tahun. Tekstur tanah yang terlalu basah juga tidak baik untuk pertumbuhan pohon buah naga, karena dapat menyebabkan kebusukan pada batang. Menanam buah naga di sawah adalah tempat yang tidak cocok.

Satu pohon buah naga bisa menghasilkan banyak buah, bisanya berbuah pada umur 1-2 tahun. Manfaat dari buah naga juga cukup banyak, yuk kita coba konsumsi buah naga mulai sekarang.

Leave a Reply

0
Scroll to Top