Inilah 12 Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe

Memanfaatkan kotoran hewan sebagai pupuk adalah salah satu ide yang bagus sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih. Jadi Anda tidak perlu membuangnya karena masih bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satu hewan ternak yang bisa digunakan kotorannya sebagai pupuk adalah kambing. Ternyata ada banyak manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabe yang mungkin belum diketahui. pupuk ini sangat direkomendasikan sehingga dapat membuat tanaman cabe mendapatkan hasil yang jauh lebih banyak dan memuaskan.

Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe Anda

Berikut ini adalah beberapa manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabe yang harus Anda ketahui.

1. Meningkatkan produktivitas cabe

Dengan memberikan pupuk kotoran kambing pada tanaman cabe, produktivitas cabe akan semakin bertambah dan berkualitas. Untuk membuktikannya Anda dapat menanam cabe dengan diberi pupuk kotoran kambing dan tanpa pupuk. Anda akan melihat sendiri tingkat produktivitas, warna tanah dan tingkat kesehatan yang berbeda pada tanaman cabe.

2. Membuat tanah lebih subur

Salah satu manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabe adalah membuat keadaan tanah menjadi lebih subur. Tanah yang diberi pupuk kotoran kambing akan mengandung banyak nutrisi yang bisa mempermudah pertumbuhannya. Anda juga dapat mencampurkan kotoran kambing ini pada tanah untuk media tanaman lain agar dapat tumbuh maksimal.

3. Membuat tanah gembur

Tanah yang diberi pupuk kotoran kambing cenderung lebih gembur sehingga pohon cabe akan lebih mudah menyerap nutrisi. Hasilnya tanaman akan cepat tumbuh dan hasilnya maksimal.

4. Menjadi komponen zat perangsang

Manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabe diantaranya adalah menjadi komponen zat perangsang. Hasilnya adalah pertumbuhan akar, daun, batang dan buahnya akan semakin cepat dan baik.

5. Persediaan unsur hara

Pupuk kotoran kambing menyediakan unsur hara untuk pohon cabe. Ada dua jenis unsur hara yaitu hara mikro yang terdiri dar mangan, kobalt, tembaga, zink, barium dan besi. Sedangkan zat hara makro terdiri dari fosfor, nitrogen, kalsium, kalium sulfur dan magnesium.

6. Membantu pembentukan senyawa

Pohon cabe yang dipupuk menggunakan kotoran kambing pembentukan senyawa kompleksnya dapat lebih mudah. Hal ini menghindarkan tanaman dari ion logam yang dapat meracuni.

7. Meningkatkan mikroorganisme

Adanya mikroorganisme dalam tanah karena pemberian pupuk kotoran kambing akan membuat pohon cabe lebih maksimal.

8. Melepaskan PO4

Pupuk kotoran kambing dapat melepaskan unsur hara tanaman yaitu posfat yang diikat oleh zat alumunium dan zat besi sehingga dapat digunakan untuk tanaman cabe.

9. Daya ikat air lebih tinggi

Pupuk kompos dari kotoran kambing partikel tanahnya dapat terikat lebih mudah dan hal tersebut membuat tanah dapat mengikat air lebih banyak.

10. Memperbaiki aerasi dan drainase

Dengan memberikan pupuk kotoran kambing, aerasi dan drainase tanah akan lebih baik sehingga agregat tanah yang terbentuk juga lebih baik.

11. Tanaman tahan terhadap penyakit

Ternyata memberikan pupuk kompos dari kotoran kambing akan membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit yang menyerang.

12. Mengurangi tercucinya nitrogen

Kandungan kotoran kambing dapat mengurangi tercucinya nitrogen sehingga pohon cabe dapat tumbuh dengan baik. Nitrogen yang terlarut juga akan semakin sedikit dan menguntungkan tanaman.

Agar hasilnya lebih baik, kotoran kambing sebelum dijadikan pupuk sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu. Tujuan menghancurkan kotoran kambing ini adalah untuk proses dekomposisi yang dilakukan oleh mikroorganisme dapat berjalan dengan lebih mudah dan sempurna. Selain itu dengan bentuk yang lebih lembut, pupuk akan lebih mudah merata dan nantinya dapat diserap oleh tanah dengan lebih mudah.

Semoga beberapa manfaat kotoran kambing untuk tanaman cabe ini dapat membantu tanaman cabe Anda memiliki hasil yang maksimal. Yang lebih penting lagi, Anda dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berbahaya dan memanfaatkan kotoran kambing yang dimiliki.

Leave a Reply

0
Scroll to Top