7 Manfaat Cacing Pada Burung Murai yang Harus Anda Ketahui

Banyak pecinta burung yang kurang memahami manfaat cacing pada burung murai. Padahal, cacing termasuk dalam ekstra food yang akan memberikan banyak sekali kegunaan. Pada akhirnya, mereka jarang sekali memberikan cacing sebagai makanan sehari-hari burung murai. Hal ini mungkin saja terjadi karena mereka menghindari terjadinya over birahi jika burung murai diberi pakan cacing. Oleh sebab itu, pastikan Anda membaca uraian di bawah ini supaya memahami lebih mendalam manfaat cacing untuk burung murai.

Manfaat Cacing pada Burung Murai

Pada dasarnya, cacing adalah makanan alami burung murai ketika mereka hidup liar dan berada di alam bebas. Akan sulit sekali menemukan jangkrik, ulat dan pakan lain jika mereka tidak hidup dalam pemeliharaan pecinta burung.
Karena itu, Anda tidak perlu khawatir memberikan cacing sebagai pakan burung murai. Banyak sekali manfaat cacing pada burung murai yang perlu Anda ketahui. Berikut ini diantaranya :

1. Meningkatkan Kecerdasan dan Konsentrasi

Burung murai yang suka makan cacing akan memiliki kemampuan gacor lebih baik dibandingkan dengan yang jarang makan cacing. Hal ini dikarenakan murai akan lebih mudah berkonsentrasi saat diperdengarkan suara burung atau dimaster.

Dengan konsentrasi tersebut, burung murai akan lebih mudah mengingat suara master yang didengarnya. Kemampuan mengingat murai akan bertambah. Mereka juga akan lebih tangguh menghadapi lawan-lawannya saat pertandingan.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Cacing tanah mengandung zat yang bernama Arigin. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh burung murai. Kesehatan murai akan lebih stabil dan selalu prima.

3. Membuat Burung Murai Lebih Gacor

Baiknya daya ingat dan kecerdasan burung murai akan meningkatkan percaya diri dan mentalnya. Hal ini akan berimbas pada intensitas dan seringnya burung murai untuk berkicau dan gacor.

Semakin banyak burung murai menyerap suara master, semakin sering burung ini akan mengoceh atau gacor. Maka tidak heran jika burung murai makan cacing tanah akan jadi lebih gacor.

4. Menjaga Kesehatan Bulu Burung Murai

Selain kesehatan tubuh, manfaat cacing pada burung murai adalah untuk kesehatan bulunya. Cacing tanah yang dikonsumsi akan merangsang produksi dan pertumbuhan bulu. Bulu mereka akan nampak lebih indah, panjang, rapi dan elok.

Keindahan bulu akan berpengaruh terhadap kemampuan burung murai menarik perhatian calon pasangannya. Bulunya yang indah, tidak kusam dan berkilau akan meningkatkan kepercayaan dirinya.

5. Meningkatkan Birahi

Pemberian cacing tanah sebagai pakan memang mampu meningkatkan birahi burung. Oleh sebab itu, pecinta burung harus berhati-hati dalam pemberian takaran makanannya. Jangan sampai kebanyakan cacing sehingga birahinya terlalu tinggi.

Over birahi dapat menyebabkan penurunan kemampuan untuk gacor. Pada akhirnya, mereka tidak akan bisa tampil maksimal dalam perlombaan.

6. Memberikan Ketenangan

Cacing tanah memiliki kandungan zat yang bernama trytophan yaitu zat yang berfungsi untuk menenangkan otak burung. Dengan zat ini, burung tidak akan mudah stress dan dapat beristirahat dengan tenang.

Dengan istirahat yang cukup dan otak yang selalu tenang, burung murai bisa tampil dengan maksimal dalam perlombaan. Bahkan setelah perlombaan, Anda bisa memberikan cacing supaya istirahatnya lebih baik.

7. Menyuburkan Murai Betina dan Jantan

Cacing dapat meningkatkan keinginan murai untuk bereproduksi. Zat arginin dalam cacing akan meningkatkan kesuburannya dan menghasilkan telur-telur yang berkualitas.

7 manfaat cacing pada burung murai tersebut akan membuka wawasan Anda tentang pemberian variasi pakan selain jangkrik dan ulat. Tidak ada salahnya mencoba memberikan pakan cacing melihat begitu banyak manfaatnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top