9 Makanan Kura-kura Brazil sebagai Variasi Makanan yang Mudah Didapat

Ada kesenangan tersendiri dalam memelihara kura-kura terutama jenis Brazil. Selain makanan kura-kura Brazil cukup mudah didapat, hewan ini bukan termasuk hewan yang manja.

Memelihara kura-kura tidak serepot memelihara hewan lain seperti ular atau burung. Kura-kura merupakan hewan yang ramah, mudah dikembangkan serta memiliki penampilan menarik. Itulah sebabnya banyak orang yang tertarik untuk memelihara hewan ini di rumahnya.

Makanan Kura-Kura Brazil yang Bagus

Kura-kura brazil bukanlah hewan manja yang pilih-pilih makanan. Namun tidak berarti mereka bisa memakan semua makanan yang Anda berikan. Makanan kura-kura brazil harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi supaya bisa berkembang dengan baik.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dimakan oleh kura-kura Brazil karena hewan ini termasuk omnivora. Berikut ini adalah contoh makanan bergizi yang bisa Anda gunakan sebagai variasi makanan, diantaranya adalah :

1. Daging

Anda bisa memberikan potongan daging ayam, sapi atau ikan kepada kura-kura Brazil. Daging merupakan makanan berprotein tinggi yang baik untuk pertumbuhan kura-kura. Sebaiknya, Anda memberikan daging kukus atau yang sudah direbus.

Dalam menyajikan daging, usahakan untuk memotongnya ke dalam ukuran yang lebih kecil. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kura-kura memasukkan potongan daging ke mulutnya.

2. Telur

Makanan selanjutnya yang juga cukup baik untuk pertumbuhan kura-kura adalah telur. Bukan telur mentah, Anda harus merebusnya terlebih dahulu kemudian disajikan dalam bentuk potongan kecil.

Telur mengandung protein tinggi yang akan menjaga kesehatan dan membuat kura-kura tumbuh dengan cepat. Hanya saja, pemberian telur harus dibatasi supaya hewan ini tidak mengalami kegemukan, yaitu dua atau tiga hari sekali.

3. Pelet

Pelet adalah makanan olahan yang paling mudah didapatkan. Anda juga bisa memberikan pelet sebagai variasi makanan untuk kura-kura. Makanan ini umumnya sudah diperkaya vitamin dan mineral sehingga cukup bagus untuk pertumbuhan.

Dalam pemberian pelet, Anda harus mengikuti petunjuk yang ada dalam kemasan. Jangan memberikan pelet terlalu banyak sehingga tidak dimakan dan membuat air menjadi keruh. Air yang keruh adalah sumber bakteri dan virus.

4. Buah dan Sayuran

Selain kebutuhan protein dari daging dan telur, kura-kura brazil juga membutuhkan asupan vitamin dan serat. Mereka bisa mendapatkan nutrisi ini dari buah dan sayuran segar.

Contoh buah yang bisa Anda berikan adalah pisang, pepaya, apel dan tomat. Sedangkan sayurannya, Anda bisa memberikan sayur bayam, sawi, wortel, selada ataupun makanan hijau lainnya.

5. Serangga dan Cacing

Seperti halnya burung, kura-kura brazil juga bisa mengonsumsi jangkrik. Makanan kura-kura brazil ini dianggap sebagai makanan yang cukup menyehatkan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Anda bisa menyelingi daftar makanan untuk kura-kura Brazil dengan beberapa ekor jangkrik. Selain itu, cacing tanah juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan karena kura-kura sangat menyukainya.

6. Tulang Sotong

Tulang sotong bisa Anda dapatkan di toko-toko peternakan dengan mudah. Jenis pakan ini memiliki kandungan kalsium tinggi yang berguna untuk pertumbuhan tulang kura-kura Brazil.

7. Tanaman Air

Kura-kura Brazil juga menyukai tanaman air atau tanaman hias. Selain sebagai penghias taman, tanaman air bisa dipergunakan sebagai pakan kura-kura. Kelebihan lainnya dari tanaman air adalah sebagai penghasil oksigen di dalam kolam.

8. Udang

Anda juga bisa memberikan potongan udang pada kura-kura Brazil. Makanan ini akan membantu menjadikan tempurung kura-kura berwarna cerah. Hanya saja, udang tidak terlalu baik untuk diberikan setiap hari. Cukup sekali dalam seminggu saja.

9. Ikan

Makanan terakhir yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan kura-kura adalah ikan kecil. Kandungan proteinnya cukup tinggi serta dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

Itulah 9 makanan kura-kura Brazil yang perlu Anda ketahui. Dengan pengetahuan ini, Anda memiliki banyak pilihan untuk menyediakan pakan kura-kura. Tidak terbatas pada satu atau dua makanan saja. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top