6 Makanan Burung Nuri agar Cepat Bicara dan Berkicau

Burung Nuri memiliki kemampuan menirukan perkataan orang-orang di sekitarnya, namun kemampuan ini tidak otomatis didapatkan. Anda harus tahu makanan burung nuri agar cepat bicara dan beberapa cara perawatannya.

Keahlian burung nuri dalam menirukan perkataan manusia memang menjadi daya tarik burung yang satu ini. Sayangnya, tidak semua burung nuri bisa segera bicara dan mengoceh seperti yang diinginkan. Pemiliknya harus melakukan treatment agar burung nuri segera mendapatkan kemampuan mengocehnya.

Makanan Burung Nuri agar Cepat Bicara

Selain karena penampilan fisiknya yang menarik, burung nuri diminati karena kemampuan berkicaunya. Untuk membuat burung nuri mengeluarkan kemampuan tersebut, pemiliknya harus membantu dengan perawatan yang tepat dan beberapa pelatihan.

Perawatan ini termasuk pemberian makanan-makanan bergizi dan bernutrisi. Berikut ini adalah makanan burung nuri agar cepat bicara dan berkicau seperti manusia. Diantaranya adalah :

1. Biji-bijian

Burung nuri sama dengan burung lainnya yang memakan biji-bijian. Hanya saja, pemberian biji-bijian ini sebaiknya diajarkan sejak burung nuri masih muda.

Dengan terbiasa memakan biji-bijian sedari kecil, burung nuri akan mendapatkan asupan gizi yang baik. Biji jagung, bunga matahari, millet adalah makanan yang baik untuk diberikan kepada burung nuri.

2. Bubur Buatan

Anda juga bisa memberikan bubur buatan sebagai makanan burung nuri. Anda bisa menggunakan bubur kemasan, namun lebih baiknya jika bisa dibuat sendiri. Kandungan nutrisi bubut buatan sendiri lebih alami dibandingkan dengan bubur instant.

Bubur makanan bisa dibuat dari biji jagung, gandung, milet, beras merah, jewawut jagung atau sayuran. Bubur ini dapat disajikan saat hangat karena burung nuri pasti akan menyukai aromanya.

3. Buah Segar

Makanan burung nuri agar cepat bicara yang selanjutnya adalah buah-buahan. Buah diketahui mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kemampuan burung nuri.

Buah yang disarankan untuk burung berbulu cerah ini adalah pisang, pepaya atau apel. Semua buah mengandung vitamin yang juga berfungsi untuk menyehatkan burung nuri.

4. Sayur

Pemberian sayur juga bisa membantu meningkatkan kemampuan fisik burung nuri. Sayuran segar merupakan makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi untuk kebaikan pertumbuhan burung nuri. Hanya saja, pemberian sayuran pada burung ini harus dibatasi.

Jangan terlalu sering memberikan sayuran, maksimal hanya dua kali seminggu. Hal ini bertujuan supaya asupan makanan burung nuri bisa seimbang dengan memberikan makanan yang bervariasi. Contoh sayuran yang direkomendasikan adalah wortel, brokoli atau kangkung.

5. Umbi-umbian

Kentang dan ubi jalar adalah sejenis umbi-umbian yang bisa juga Anda jadikan pakan burung nuri. Makanan ini mengandung serat yang akan membantu proses pencernaan burung nuri. Pencernaan yang sehat akan mendukung kemampuan bicaranya. Selain itu, umbi-umbian mengandung banyak karbohidrat yang menjadi supply kalori burung nuri. Burung nuri Anda akan lebih aktif dan lincah.

6. Pelet Burung

Sesekali, Anda perlu juga memberikan makanan siap saji atau instant kepada burung nuri. Pelet burung adalah makanan olahan yang sudah diperkaya vitamin dan gizi untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan burung nuri.

Selain mudah dalam mendapatkan dan menyajikan pelet, makanan ini juga akan membantu meningkatkan kemampuan berkicaunya. Burung nuri Anda akan semakin lincah, cerdas, sehat dan berstamina.

Pemberian makanan burung nuri agar cepat bicara di atas sebaiknya ditunjang dengan pelatihan yang cukup. Jika Anda memberikan gizi seimbang serta latihan, bukan tidak mungkin burung nuri tersebut segera mengoceh meskipun usianya masih muda. Selamat mencoba

Leave a Reply

0
Scroll to Top