Kucing Karakal, Kucing Khas dan Langka Bernilai Jutaan Rupiah

Jenis kucing yang satu ini memang sangat unik dan jarang ditemui di Indonesia. Harga kucing karakal cukup tinggi dibandingkan persia, anggora atau bengal. Harganya bisa puluhan juta rupiah. Meskipun demikian, banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Berbagai keunikan dan keindahan yang khas dimiliki oleh kucing ini dan tidak ditemukan dalam jenis kucing lainnya. Karakal membawa perbedaan tersendiri sebagai kucing peliharaan.

Ciri dan Karakteristik Kucing Karakal

Kucing karakal adalah salah satu spesies kucing yang banyak tersebar di daerah Afrika, Asia Barat dan Asia Selatan. Hewan ini disebut dengan karakal yang berasal dari kata dalam bahasa Turki yaitu Karakulak yang artinya telinga hitam.

Kucing yang satu ini tergolong dalam kategori kucing kecil dengan bobot paling berat dan memiliki kecepatan yang luar biasa. Karakal masuk dalam keluarga Felidae karena bentuk tubuhnya dan telinganya.

Berikut ini adalah beberapa pembahasan mengenai karakal dan karakteristiknya, yaitu :

1. Penampilan Fisik

Bentuk telinga karakal adalah salah satu ciri utama yang membedakannya dari jenis kucing lainnya. Kucing ini memiliki bentuk telinga yang unik yaitu segitiga yang meruncing. Selain itu, keunikan lainnya adalah warna telinga yang hitam berumbai.

Telinga ini menjadi salah satu organ andalah karakal. Pasalnya, telinga ini dikendalikan oleh 29 otot yang berbeda dimana digunakan untuk perlengkapan berburunya.

Kucing yang satu ini memiliki panjang tubuh mencapai 92 cm dengan berat badan mencapai 20 kg. Panjang tubuh tersebut di luar panjang ekornya. Secara keseluruhan, tubuh kucing ini ramping, berotot dan tangguh. Cara berjalannya sangat anggun.

2. Usia

Kucing karakal termasuk hewan yang berusia panjang. Jika hidup di alam liar, mampu hidup hingga 12 tahun. Namun ketika di penangkaran, karakal bisa bertahan hidup sampai 17 – 19 tahun.

Kehidupan di penangkaran yang terjamin dengan makanan sehat dan jauh dari predator adalah beberapa alasan mengapa karakal bisa hidup lebih lama. Hewan ini sebenarnya sangat ideal dijadikan hewan peliharaan.

3. Perkembangbiakan

Karakal tidak memiliki musim kawin seperti yang dialami oleh hewan lainnya. Mereka bebas kapan saja melakukan perkawinan saat dibutuhkan. Tapi umumnya, karakal akan kawin sekitar bulan agustus hingga desember.

Perkawinan ini bertujuan supaya anak-anak karakal bisa dilahirkan tepat pada musim panas. Dengan demikian, harapan hidup untuk anak-anak tersebut bisa lebih besar karena cuaca yang mudah dilalui dan mendukung pertumbuhan.

Karakal akan mengalami masa kehamilan sekitar 2 sampai 3 bulan. Dalam sekali melahirkan, kucing ini bisa memiliki anak kembar hingga 6 ekor. Terlebih lagi jika dalam penangkaran, harapan menghasilkan anak kembar 6 bisa mudah dicapai.

4. Keunikan

Karakal adalah jenis kucing yang tidak biasa di temui di wilayah Indonesia. Banyak keunikan hewan ini yang membuat masyarakat berkeinginan untuk memeliharanya. Diantaranya adalah :

a. Pemburu Handal

Karakal adalah jenis kucing yang memiliki insting berburu yang sangat tajam. Mereka juga handal dalam memburu mangsa yang sudah ditargetkannya. Umumnya, karakal akan berburu unggas besar hingga kecil.

Kecepatan larinya sangat dahsyat, kemampuan memanjat pohon, melompat dan menerkam dengan buas patut diacungi jempol. Singkatnya, karakal adalah seekor pemburu handal.

b. Punya Suara yang Unik

Jika biasanya Anda mendengar kucing mengeong, Anda pasti akan terkejut mendengar bagaimana karakal bersuara. Hewan ini mampu mendesis, menggeram, mendengkur hingga mengonggong. Sungguh unik bukan?

c. Bernilai Ratusan Juta

Karakal termasuk salah satu hewan yang dilindungi dan mulai dilestarikan. Inilah salah satu alasan mengapa harga karakal cukup mahal. Harganya bahkan lebih tinggi dari persia dan anggora.

Itulah beberapa informasi mengenai kucing karakal yang perlu Anda ketahui. Jenis kucing yang satu ini memang bukan kucing biasa. Sebuah kebanggaan jika Anda bisa memelihara kucing langka ini meskipun harus berkorban puluhan juta rupiah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top