Kambing Kiko, Kambing Pedaging Asal Selandia Baru yang Aktif Cerdas

Binatang yang satu ini bukan hanya memiliki bentuk tubuh yang menarik, namun karakternya juga cukup unik. Kambing Kiko adalah jenis kambing hasil persilangan yang memiliki banyak sekali kelebihan.

Kambing ini berasal dari Selandia Baru. Termasuk dalam jenis kambing pedaging, Kiko dibudidayakan sejak tahun 1980an. Mari simak informasi berikut untuk memahami lebih dalam tentang kambing unik yang satu ini.

Asal Usul Kambing Kiko

Kambing Kiko merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh peternak dari Selandia Baru yang bernama Garrick dan Anne Batten. Mereka menyilangkan kambing lokal dengan kambing Anglo Nubian, Saanen dan Toggenburg. Kata Kiko berasal dari kata Mikko yang berarti daging.

Persilangan ini menghasilkan trah kambing pedaging baru yang cukup panjang dan menarik. Persilangannya dilakukan dalam beberapa tahap untuk mencapai kualitas kambing yang diinginkan. Hingga lahirlah Kiko pada generasi ke empat setelah mampu berkembang dengan baik.

Perkembangan dan budidaya kambing ini terhenti pada sekitar tahun 1992. Namun baru-baru ini, kambing ini mulai dikembangkan kembali untuk mendapatkan generasi yang lebih baik.

Pada waktu yang sama, Kiko diekspor ke Amerika Serikat dan dilakukan proses budidaya yang sama. Kambing ini mendapatkan perlakuan dan pengembangbiakan yang lebih baik dibandingkan di negara asalnya. Peternak di Amerika lebih antusias terhadap jenis kambing ini.

Hal ini terlihat dari jumlah Kiko yang berkembang dengan sangat pesat. Jumlahnya mencapai 1600 ekor kambing pada tahun 2005an. Saat itulah, kambing ini mulai didaftarkan dan mendapatkan pengakuan dari Asosiasi Hewan Internasional.

Kelebihan Kambing Kiko

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh kambing Kiko ini, diantaranya yaitu :

1. Tahan Banting

Kambing yang satu ini memiliki sifat yang sangat kuat dan tahan banting. Mereka mampu bertahan dan mencapai berat badan yang besar meskipun hidup dalam kondisi pakan yang kurang memungkinkan.

Meskipun tanpa pemberian pakan tambahan, anak-anak Kiko bisa tumbuh secara sempurna. Mereka dapat mengejar berat badan ideal hanya dengan kualitas pakan seadanya.

2. Mudah Melahirkan dan Merawat Anak

Kambing ini juga memiliki kemampuan melahirkan anak tanpa bantuan dari manusia. Mereka mampu mengatasi permasalahan terkait kelahiran dan bisa bertindak mandiri.

Kiko juga mampu mengandung dan melahirkan dalam kondisi yang tidak kondusif sama sekali, bahkan dalam hal merawat anak-anaknya. Singkatnya, daya tahan dan kekuatan hidup mereka cukup bagus.

4. Penjelajah Agresif

Kiko juga merupakan hewan yang cukup kuat dan agresif. Mereka dapat menjelajah dalam kondisi kekurangan pakan. Bahkan, mereka masih mampu untuk berkembang dengan baik.

5. Cerdas

Kiko termasuk hewan yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Mereka bahkan diketahui bertindak diluar hal lazim yang dilakukan oleh jenis kambing lain. Salah satu contohnya adalah mencuri makanan, menaiki pagar, menjaga keseimbangan dan hal-hal menarik lainnya.

Tingkat kecerdasan yang cukup tinggi inilah yang memungkinkan kambing ini memiliki ketahanan tubuh yang baik. Dengan kecerdasannya, mereka mampu melewati berbagai tantangan hidup di habitat yang keras.

Namun, level kecerdasan ini jugalah yang membuat peternak harus ekstra berhati-hati. Para peternak ini harus benar-benar memperhatikan kondisi kambing ini sebelum akhirnya mereka bertingkah dan berulah.

6. Tahan Terhadap Parasit

Hasil persilangan membuat kambing unik yang satu ini memiliki sifat resistensi terhadap parasit, terutama parasit internal.

Itulah beberapa informasi mengenai kambing Kiko yang berasal dari Selandia Baru. Kambing ini sangat unik dan menarik karena daya tahan, kekuatan dan kecerdasannya. Selain itu, bentuk fisiknya pun cukup menawan dengan tanduk panjangnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top