Mengenal Kambing Belgian, Kambing Perah Asal Belgia

Kambing Belgian atau dikenal dengan nama Belgian Fawn Goat atau kambing rusa Belgia adalah sejenis kambing yang dikembangkan di negara Belgia. Hewan ini dipelihara untuk diambil kualitas susunya karena dinilai memiliki kelebihan dalam rasa, jumlah dan nilai gizinya.

Kambing rusa Belgia merupakan keturunan dari kambing Charmois berwarna yang berasal dari Swiss. Penasaran dengan kambing perah yang satu ini? Mari simak info berikut ini.

Asal-usul Kambing Belgian

Kambing Belgian memiliki warna gelap yang didapatkan dari leluhurnya, kambing Chamois berwarna. Melihat leluhurnya, kambing ini juga memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kambing-kambing Oberhasli di Amerika Serikat.

Kambing rusa Belgia mencapai Amerika Serikat untuk pertama kalinya dengan kapal. Mereka dibawa dan kemudian dikembangkan secara luas di Amerika Serikat. Inilah asal-usul kambing rusa Belgia mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Ciri-ciri Kambing Belgian

Kambing rusa Belgian memiliki ciri-ciri tubuh berikut ini. Diantaranya adalah :

1. Bentuk Tubuh

Kambing ini memiliki ukuran tubuh sedang. Mereka tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Lehernya sempit memanjang dengan telinga yang berdiri tegak. Wajah kambing ini sangat mirip dengan wajah rusa.

Kaki kambing ini bisa dibilang tipis namun memiliki bentuk yang bagus. Daerah bagian perut, persendian kaki dan kuku, telinga dalam, bagian tulang belakangnya dan sebagian besar wajah berwarna hitam.

Untuk kambing jantan, tinggi tubuhnya mencapai 81 cm sedangkan untuk kambing betinanya sekitar 71 cm. Bobot tubuhnya adalah 65 kg untuk kambing jantan dan 60 kg untuk betina. Kambing rusa Belgia memiliki tanduk.

2. Warna Bulu

Kambing ini memiliki bulu yang pendek dan tidak lebih dari 5 cm. Rata-rata mereka lahir dengan bulu berwarna hitam dan coklat ataupun kombinasinya. Namun, di beberapa tempat ditemui jenis Belgian Fawn Goat yang berwarna kombinasi coklat dan putih.

3. Kelebihan

Kambing asal Belgia ini dibudidayakan untuk keperluan produksi susu. Mereka dirawat secara khusus untuk menghasilkan susu karena kualitas susunya yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kambing perah lainnya.

Jenis Kambing Belgian Lain

Tahukah Anda bahwa negara Belgian tidak hanya memiliki Kambing rusa Belgia saja, namun negara ini juga merupakan negara asal satu jenis hewan ternak andalan. Hewan ini adalah Beltex atau yang dikenal juga dengan domba Belgian.

Beltex adalah domba domestik asli Belgian. Hewan ternak ini diekspor ke Inggris pada sekitar tahun 1980an untuk tujuan pengembangbiakan. Di Inggris, trah hewan ini diseleksi dan dikembangbiakkan secara khusus.

Beltex dikembangbiakkan karena memiliki kelebihan mendasar yaitu memiliki otot ganda. Berikut ini adalah karakteristik Beltex secara lebih rinci, yaitu :

  • Memiliki otot ganda dengan tulang yang halus
  • Bulunya berukuran sedang dan berwarna putih
  • Memiliki tinggi badan rata-rata berukuran 50 cm untuk jenis betina dan 60 cm untuk jenis jantan.
  • Bobotnya berkisar antara 70 sampai 90 kg
  • Beltex merupakan jenis hewan ternak yang kuat dengan komposisi ototnya yang lebih berisi.
  • Mereka mampu hidup dan beradaptasi dengan baik sesuai dengan iklim dan cuaca yang sedang berkembang.
  • Beltex dikembangbiakkan untuk tujuan mendapatkan kualitas daging yang bagus dan melimpah.

Itulah sedikit informasi mengenai kambing Belgian jenis kambing rusa Belgia dan domba Belgia. Kedua kambing ini merupakan hewan ternak unggulan yang dimiliki negara Belgia. Keduanya sama-sama telah banyak berkembang dan populer di seluruh penjuru dunia.

Leave a Reply

0
Scroll to Top