Kambing Anglo Nubian, Kambing Pedaging dan Perah Unggulan asal Inggris

Kambing Anglo Nubian adalah salah satu jenis kambing persilangan yang didapatkan dari kambing lokal Inggris dengan kambing jantan India Afrika. Kambing ini mulai dikembangkan di Inggris namun sekarang ini nampaknya sudah mulai populer dan menyebar di seluruh penjuru dunia.

Binatang ini cukup diminati karena banyak kelebihan yang dimilikinya. Mereka adalah jenis kambing pedaging dan kambing perah atau bisa dikatakan sebagai dwifungsi. Ingin tahu lebih jauh tentang kambing ini? Yuk simak info berikut ini.

Ciri-ciri Kambing Anglo Nubian

Kambing Anglo Nubian dikembangkan pada sekitar tahun 1920 hingga 1930an. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa kambing ini adalah persilangan antara kambing perah Inggris kuno dengan pejantan dari India dan Afrika. Pejantan yang dipergunakan tepatnya adalah jenis kambing Zariby dan Nubian.

Anglo Nubian diekspor keluar dari Inggris pada tahun 1909, terutama ke Amerika Serikat. Kini, kambing yang satu ini sudah didistribusikan pada sekitar 60 negara di seluruh dunia. Tujuan dari budidaya Anglo Nubian adalah untuk diambil daging dan susunya.

Berikut ini adalah beberapa ciri Anglo Nubian yang perlu Anda pelajari, diantaranya yaitu :

1. Bentuk Tubuh

Kambing ini memiliki ukuran yang besar karena memiliki kapasitas daging dan susu yang banyak. Pada jenis jantan, kambing ini bisa tumbuh hingga bobot 175 kg sedangkan untuk betinanya tumbuh sekitar 135 kg. Tinggi tubuh Anglo Nubian jantan adalah 90 cm sedangkan jenis betina sekitar 80 cm.

Anglo Nubian mempunyai bulu tubuh yang relatif pendek. Telinga mereka panjang terkulai. Mereka juga memiliki kaki yang cukup panjang dengan ekor yang pendek dan melengkung ke atas. Pada kambing betina, ambing susunya berukuran lebih besar.

2. Warna Tubuh

Anglo Nubian didominasi oleh warna putih pada seluruh bagian tubuhnya. Selain itu, ada juga yang terlahir dengan warna coklat, hitam, dan warna lainnya. Corak warna ini adalah salah satu cara dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan.

3. Penghasil Daging dan Susu Melimpah

Kambing ini memang ditujukan untuk kepentingan komersil. Mereka bukan hanya penghasil daging dan susu yang baik, namun juga bisa dimanfaatkan bulunya. Kambing ini disukai karena dianggap sangat menguntungkan peternak dalam berbagai segi.

Kandungan susu kambing ini sangat bagus. Komposisi lemak dan menteganya cukup banyak yaitu mencapai 5 – 8 persen jika dibandingkan dengan jenis kambing perah yang lain. Selain itu, masa kawin kambing ini adalah sepanjang tahun. Jadi, stok susu bisa didapatkan sewaktu-waktu dalam jangka yang panjang.

Selain susu, Anglo Nubian juga penghasil daging yang baik. Bobot maksimal mereka berada di angka 175 kg per ekor kambing dewasa. Prosentase karkasnya cukup tinggi. Inilah sebabnya jenis Anglo Nubian memang sangat sempurna untuk dijadikan kambing pedaging.

Tips Memilih Bibit Kambing Anglo Nubian yang Baik

Bagi Anda yang berminat untuk membudidayakan Anglo Nubian, berikut ini adalah cara memilih bibit kambing yang baik. Diantaranya adalah :

1. Dari Keturunan Kembar

Bibit yang baik berasal dari keturunan kembar karena mereka berpotensi untuk melahirkan anak kembar juga.

2. Memiliki Bulu yang Bersih dan mengkilat

Bulu kambing harus dalam kondisi sehat, bersih, mengkilat dan tidak nampak kusam.

3. Fisik Bagus

Kambing jantan harus bertubuh sehat, tegap, berukuran panjang dan tidak ada cacat. Sedang kambing betina harus berkaki lurus, kuat dan memiliki alat kelamin yang normal.

Itulah beberapa informasi mengenai kambing Anglo Nubian yang perlu Anda ketahui. Kambing persilangan ini memiliki potensi keuntungan yang baik sehingga sangat cocok bagi yang ingin beternak kambing.

Leave a Reply

0
Scroll to Top