fbpx

Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Baik dan Setia

Jenis Anjing Penjaga Rumah

Anjing penjaga rumah bisa diandalkan untuk menjaga keamanan. Apa sajakah jenis anjing penjaga rumah yang baik?

Dewasa ini, aksi kriminalitas seperti pencurian semakin marak terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, meningkatkan keamanan rumah perlu dilakukan. Salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan yaitu dengan memelihara anjing penjaga. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis anjing penjaga rumah yang tangguh dan sigap dalam menjaga rumah tetap aman.

Sebelum memutuskan untuk memelihara anjing, bagi muslim silahkan simak hadits berikut,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنِ اتَّخَذَ كَلْباً إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ ، أوْ صَيْدٍ ، أوْ زَرْعٍ ، انْتُقِصَ مِنْ أجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ

“Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk menjaga hewan ternak, berburu dan menjaga tanaman, maka akan dikurangi pahalanya setiap hari sebanyak satu qirath” (HR. Muslim, no. 1575).

Seorang muslim tidak diperkenankan memelihara anjing di rumahnya tanpa ada keperluan yang diizinkan oleh syariat.

Daftar Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Baik

Sebelum Anda memilih anjing penjaga rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kemampuan serta kelemahannya. Sehingga Anda benar-benar yakin bahwa anjing tersebut mampu menjaga rumah Anda dengan baik.

1. Akita

Kelebihan dari jenis ini adalah nalurinya yang sangat sensitif, sehingga mudah peka dengan hal-hal aneh di sekitarnya. Meskipun posturnya kecil namun spesies ini sangat gesit dalam berbagai medan. Namun yang menjadi kelemahannya yaitu tidak mudah beradaptasi dengan hewan lain.

2. Rottweiller

Bentuk tubuhnya yang besar dan warnanya hitam menyeramkan menjadikan orang yang melihatnya ketakutan. Selain itu, anjing ini bisa menjadi sangat berbahaya jika mengalami tindakan kekerasan serta kurangnya adaptasi dengan pemilik.

3. Doberman

Anjing jenis ini merupakan anjing yang dikenal cerdas, mempunyai kepekaan yang tajam terhadap orang asing yang dianggap membahayakan. Sama seperti anjing jenis lain, jika tidak mendapat pelatihan secara benar maka anjing jenis ini akan berbahaya.

4. Bullmastiff

Bullmastif adalah jenis anjing yang pemberani dan mempunyai naluri pelindung yang kuat. Jenis ini sangat patuh dan manis kepada tuannya. Anjing tipe ini membutuhkan perawatan kebersihan yang ekstra karena rentan terhadap heatstroke. Sebab, hewan ini mempunyai moncong yang pendek.

5. Great pyreness

Great pyreness adalah jenis anjing penjaga rumah dengan tipe ini memiliki sifat defensif atau naluri melindungi yang tinggi. Kelemahan spesies ini yaitu lambat dalam mempelajari hal baru.

6. Gembala Jerman

Anjing dengan insting yang sangat kuat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga rumah, sifatnya yang penurut juga memudahkan majikan untuk mengendalikannya. Kelemahannya yaitu jenis ini sangat rentan terkena penyakit hip dysplasia atau penyakit perkembangan persendian pangkal paha yang tidak normal.

7. Cane Corso

Badannya yang besar dan kuat menjadikan anjing jenis ini terlihat buas dan menakutkan, selain itu cane corso juga sangat energik. Tapi anjing ini sangat ganas, sehingga kurang cocok bagi pemelihara pemula.

8. Malinois Belgia

Spesies ini memiliki kelebihan yaitu aktif, cerdas, protektif, pekerja keras, siaga dan keras kepala. Sehingga akan senantiasa siaga menjaga rumah Anda. Namun rentang usia malinois hanya 10-12 tahun saja.

9. Great dane

Great done adalah spesies anjing tertinggi di dunia yang memiliki otak pintar dan mudah dilatih. Jenis ini juga sangat mudah beradaptasi dengan manusia, mereka cocok untuk diajak bermain oleh anak-anak, namus masa hidupnya hanya sekitar 7 tahun saja.

10. Giant Schnauzer

Giant schauner merupakan ras yang sangat sensitif, bulu-bulu yang tebal membuatnya terlihat sangar. Jenis ini sangat loyal terhadap majikannya sehingga cocok untuk dijadikan penjaga rumah. Namun apabila Anda seorang pemula, jangan coba-coba memelihara jenis ini karena sifatnya yang sensitif. Dengan pelatihan yang tepat anjing ini akan bisa menjadi penjaga rumah yang baik dan tangguh.

11. Staffordhire Bull Terier

Meskipun bertubuh kecil, tapi anjing jenis ini merupakan pelari cepat dengan gigitan yang mematikan. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh anjing stafford yaitu badannya yang kuat dan memiliki jiwa pemberani, mereka juga sangat senang diajak bermain oleh majikan. Ras ini dianggap sebagai anjing tergalak di dunia, sehingga harus mendapatkan pelatihan yang tepat.

12. Caucasian Shepherd Dog

Kelebihan anjing dengan jenis caucasian shepherd dog yaitu nalurinya yang manja dan penyayang, ramah, dan pemberani. Anjing ini perlu perawatan yang benar untuk menurunkan resiko penyakit kegemukan dan masalah jantung.

Di atas adalah ulasan mengenai beberapa jenis anjing penjaga rumah. Jangan sampai salah pilih. Tentukan spesies yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top