fbpx

Inilah! Buah Yang Memiliki Seribu Manfaat Bagian Cangkang Kulitnya

1. Kulit manggis

Buah manggis memiliki rasa yang manis dengan disertai sedikit rasa asam. Memiliki nama latin Garcinia Mangostana selain daging buahnya yang bisa dimakan ternyata bagian cangkang kulit manggis bisa dimanfaatkan. Mungkin untuk sebagian masyarakat kulit manggis sudah populer sejak dulu dengan berbagai macam khasiatnya terutama sebagai bahan herbal. Ekstrak buah ini berwarna ungu kehitaman, mudah ditemukan diseluruh pasar di Indonesia.

Hasil gambar untuk manfaat kulit manggis
image via halodoc.com

Di dalam kulit manggis terdapat suatu zat yang bernama Xanthones sebuah kandungan zat yang mengandung antioksidan sangat tinggi. Sehingga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Seperti meringankan gejala asma, mencegah resiko terkena kanker, menurunkan kadar gula darah kolesterol, menghilangkan jerawat, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, mencegah diabetes dan masih banyak lagi.

2. Kulit jeruk

Hasil gambar untuk cangkang buah jeruk
image via mediabanten.id

Buah jeruk salah satu buah yang sangat familiar di seluruh dunia, kita bisa menemukan buah ini hampir di seluruh dunia. Memiliki nama latin Citrus selain bisa dimakan bagian daging buahnya ternyata bagian kulit cangkangnya juga bisa dimanfaatkan. Di percaya memiliki beragam khasiat kegunaan.

Memiliki ukuran pohon yang besar sehingga dalam sekali berbuah bisa menghasilkan cukup banyak buah jeruk. Pada saat belum matang/muda buah ini berwarna hijau disaat sudah memasuki waktu matang akan berubah menjadi kuning ke oranyean tergantung jenis jeruk tersebut. Di kulit jeruk terdapat kandungan yang bernama  Fitonutrien dan Flavonoid dipercaya bermanfaat dalam hal kecantikan dan kesehatan.

Kulit jeruk sangat bermanfaat dalam hal kecantikan dan kesehatan. Seperti memutihkan gigi, menyamarkan garis halus, menurunkan kolesterol, menghancurkan batu ginjal, menurunkan resiko terkena penyakit paru-paru dan kanker, mencegah penuaan, dan menghilangkan jerawat.

3. Kulit pisang
Hasil gambar untuk kulit pisang hd
image via saran.id

Kulit buah satu ini mungkin sering kita temukan dimana saja, biasanya jika tidak sengaja menginjaknya dijalan bisa menyebabkan terpeleset dan jatuh. Memiliki nama latin Musa ternyata bagian kulit cangkang buah ini bisa dimanfaatkan dalam hal kecantikan dan kesehatan. Biasanya diolah dengan cara secara langsung di tempel/oles maupun ditumbuk dihaluskan terlebih dahulu.

Dalam soal kecantikan kulit pisang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, menghilangkan rasa gatal, mengangkat sel kulit mati, memutihkan gigi, dan lain-lain. Selain dalam hal kecantikan kulit pisang ternyata bermanfaat dalam hal kesehatan seperti mengatasi insomnia, menurunkan kolesterol, menjaga kekebalan tubuh, pembentukan otot, mencegah penyakit kanker serta jantung.

4. Kulit apel

Hasil gambar untuk kulit apel hd
image via klikapa.com

Buah apel merupakan salah satu buah favorit di kalangan masyarakat. Memiliki nama latin Malus Domestica, selain daging buahnya yang lezat serta baik bagi tubuh ternyata bagian kulitnya juga sangat bermanfaat dalam hal kecantikan dan kesehatan. Kulit buah apel mengandung akan kaya antioksidan, vitamin a, vitamin c, protein, dan kkal sehingga sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

Dalam soal kesehatan kulit buah apel bermanfaat untuk menjaga saluran pernapasan, mengurangi terkena resiko penyakit kanker, menurunkan berat badan, menjaga imunitas tubuh, dan masih banyak lagi. Dalam hal kecantikan kulit apel dipercaya bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati, mengencangkan kulit, memberi nutrisi pada kulit, menghilangkan jerawat dan menghilangkan por-pori pada kulit.

5. Kulit delima
Hasil gambar untuk kulit delima hd
image via wallpaperbetter.com

Buah delima memiliki nama latin Punica Granatum buahnya berwarna merah dan berbentuk bulat. Bagian kulit delima mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dipercaya dapat menyehatkan jantung, menjaga kesehatan mulut, mencegah osteoporosis, meredakan radang tenggorokan, meredakan batuk, mengurangi terkena resiko penyakit kanker, mencegah penuaan dini dan masih banyak manfaat lainnya.

Nah itulah ulasan seputar buah yang memiliki bagian kulit dipercaya memiliki beragam manfaat, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang kulit buah yang bermanfaat. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top