Harus Tahu 4 Macam Umbi-umbian yang Bisa Menjadi Pengganti Nasi

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Sebagian masyarakat di Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan yang wajid dimakan setiap hari. Padahal makanan pokok yang dapat dimakan bukan hanya nasi. Terdapat banyak sekali makanan pokok lain yang biasanya di konsumsi di Indonesia seperti jagung, sagu, dan gandum. Tetapi tetap saja nasi menjadi primadona yang sulit dikalahkan.

Jika kamu merasa bosan memakan nasi dan ingin mencoba makanan lain yang tetap menyehatkan dan mengenyangkan, coba 6 umbi-umbian ini sebagai pengganti nasi.

Kentang

Kentang merupakan ubi-umbian yang termasuk kedalam jenis umbi batang. Dinegara lain seperti benua eropa, kantang menjadi makanan pokok yang penting hingga saat ini. di Indonesia kentang dijadikan sayuran untuk dibuat berbagai jenis masakan, biasanya untum makanan pendamping nasi. Kandungan karbohidrat dalam kentang sangat tinggi, selain itu terdapat juga sejumlah vitamin dan protein. Kentang sangat cocok untuk dijadikan pengganti nasi, karena kadungan yang ada didalamnya tidak kalah dengan nasi. Untuk itu jika merasa bosan memakan nasi, cobalah kentang sebagai pilihan pertamanya.

Image Via Swadaya Online

Talas

Mendengar kata talas langsung teringat kota bogor. Memang benar, talas merupakan umbi-umbian yang khas dari kota ini. namun tidak hanya di Bogor, talas juga dapat ditemukan dibeberapa tempat lain. kabarnya talas sudah ada di Indonesia bahkan sebelum padi di tanam, dan menjadikannya sebagai makanan sehari-hari.protein, kalsium, kalium, karbohidrat komlpeks, vitamin bahkan zat besi terdapat pada talas. Mengonsumsi talas dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mampu menjaga berat badan. Cocok sekali untuk orang-orang yang sedang menjaga berat badannya.

Image Via Gread Health

Ubi jalar

Di sunda umbi jalar dikenal dengan nama Huwi Boled. Ubi jalar ini merupaakn umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat. Selain itu terdapat juga kandungan lain seperti vitamin, mineral dan serat. Ubi jalar memiliki banyak jenis dan warna seperti kuning, putih dan ungu. ubi cilembu merupakan salah satu ubi jalar yang populer dikenal di masyarakat. Cara pengolahan ubi cilembu dengan dikukus atau direbus dipastikan akan menggantikan nasi sebagai pengenyang perut. Selain di kukus dan direbus, ubi jalar juga dapat dimasak dengan cara  lain seperti di goreng atau dijadikan kolak.

image via Nikita.grid.id

Singkong

Nama lain singkong yaitu ketela pohon atau ubu kayu. Singkong merupakan umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat tetapi memiliki sedikit protein. Sudah banyak sekali cara pengolahan singkong yang dibuat sedemikian rupa, tetapi untuk menggantikan nasi biasanya dimasak dengan  dikukus,direbus atau di goreng . Singkong juga dapat dimakan mentah langsung.  Di Dunia Indonesia menjadi negara ketiga terbanyak penghasil singkong, mengalahkan india, Thailand dan Vietnam. Jadi tidak salah jika di Indonesia singkong masih dijadikan pilihan sebagai pengganti nasi.

Image via sehatq.com

Kini saatnya mencoba makana  lain selain nasi untuk mengenyangkan perut. Jika tak ingin dimakan sendiri gunakan juga makanan pendamping lain untuk menemani makan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top