9 Fakta Burung Kolibri, Si Mungil yang Spesial dan Pemberani

Burung kecil menarik dengan paruh panjang ini disebut dengan burung Kolibri atau Hummingbird. Namun, tidak banyak yang mengetahui tentang fakta burung kolibri yang sesungguhnya. Burung yang acapkali ditemui sebagai peliharaan ini memiliki ukuran yang sangat mungil. Bentuk fisiknya menggemaskan dengan warna-warni bulu yang cerah dan khas. Meski demikian, burung kecil ini memiliki banyak kelebihan spesial. Apa saja itu? Yuk, simak informasi berikut ini.

Fakta Burung Kolibri yang Menarik

Meskipun badannya kecil, burung Kolibri memiliki segudang kelebihan yang sangat menarik untuk digali dan diketahui. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa burung ini merupakan burung yang lemah melihat penampilan fisiknya. Benarkah demikian? Berikut ini adalah informasi menarik tentang burung kolibri.

1. Jenis Burung Terkecil di Dunia

Burung kolibri merupakan spesies burung yang paling kecil di dunia dengan berat tidak lebih dari 6 gram dan panjang kurang dari 6,35 cm. Ukuran tersebut adalah ukuran dari burung kolibri dewasa. Anda pasti bisa membayangkan bagaimana ukuran kolibri muda, pasti tidak lebih berat dari uang logam seribuan.

2. Penerbang Andalan

Burung yang memiliki berbagai macam warna bulu cerah ini adalah makhluk yang dibekali kemampuan terbang super cepat. Kepakan sayapnya mencapai 80 kepakan per detik. Saking cepatnya, kepakan sayap burung kolibri ini tidak akan terdeteksi oleh mata telanjang.

3. Kemampuan Akrobatik Mengagumkan

Meskipun bertubuh mungil, burung kolibri memiliki kemampuan akrobatik yang mengagumkan. Seandainya bentuknya sedikit lebih besar, Anda pasti tercengang melihat kemampuannya menukik, berputar, melintasi pepohonan dan lain sebagainya. Inilah salah satu fakta burung kolibri yang tidak banyak diketahui orang.

4. Penglihatan Tajam

Selain elang, burung kolibri adalah salah satu burung dengan kemampuan penglihatan yang super canggih. Matanya mampu menemukan sudut-sudut nektar yang tersembunyi di dalam bunga meski dari kejauhan. Mata burung kolibri dilengkapi kelopak ketiga sebagai pelindung saat dia sedang terbang.

5. Tinggal di Sarang Menarik

Kalau dibandingkan, sarang burung kolibri tidak lebih besar dari tiga ruas jari orang dewasa. Sarangnya kecil dan imut. Terbuat dari ranting, dedaunan kering hingga lumut. Sarang ini dipergunakan sebagai tempat meletakkan telur-telur burung kolibri.

6. Gayanya Cantik dan Khas

Ini adalah alasan mengapa burung mungil kolibri banyak dijadikan peliharaan. Warnanya yang cerah dan khas menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi ketika bulu-bulu ini tertimpa sinar matahari, kilauan warnanya nampak eksotis dan menyenangkan.

7. Daya Ingat Kuat

Fakta burung kolibri selanjutnya adalah kemampuan dan daya ingatnya yang luar biasa. Burung ini dapat mengingat dengan tajam ke mana saja mereka telah beterbangan. Di kelopak bunga mana saja mereka telah hingga. Meskipun sudah terbang berkilo-kilo meter, burung ini tetap dapat kembali ke saangnya.

8. Penggila Nektar

Burung yang satu ini merupakan burung yang sangat menyukai nektar bunga. Mereka mengonsumsi banyak gula lebih dari ukuran tubuhnya. Hal ini dikarenakan burung kolibri membutuhkan tenaga yang besar untuk terbang dengan cepat. Tidak heran jika burung ini disebut sebagai hewan yang rakus nektar.

9. Memiliki Sifat Agresif

Jangan coba-coba untuk mengganggu si kecil kolibri. Burung ini memiliki mental kuat dan pemberani. Dengan nyalinya yang besar, burung kolibri bahkan tidak segan menyerang burung gagak dan elang yang mengganggu wilayah kekuasaannya. Sungguh mengagumkan bukan?

Itulah 9 fakta burung kolibri yang sangat menarik. Meski tubuhnya kecil, burung ini bisa dibilang memiliki nyali yang luar biasa besar. Kemampuan tubuhnya melebihi ukuran fisiknya. Jadi, harus hati-hati jika ingin memelihara burung ini ya. Lengah sedikit saja, si kecil hummingbird bisa kabur lho.

Leave a Reply

0
Scroll to Top