Manfaat Daun Kopi Untuk Pakan Kambing yang Menyehatkan

Kambing menjadi hewan ternak yang mudah dipelihara. Tidak dipungkiri, peternakan hewan ini memang cukup menguntungkan. Harga kambing selalu meningkat dari waktu ke waktu. Untuk bisa berhasil dalam beternak kambing, Anda bisa memperhatikan jenis pakan dan pemeliharaannya. Anda bisa menggunakan daun kopi untuk pakan kambing yang terbukti aman dan berkualitas.

Pakan ternak yang satu ini merupakan solusi yang aman dan menyehatkan. Daun kopi terbukti ampuh dan nyata khasiatnya untuk diberikan pada hewan ternak ruminansia. Mengapa daun kopi menjadi sebuah pakan alternatif untuk memelihara hewan ruminansia seperti kambing?

Cara Memberikan Daun Kopi Untuk Pakan Kambing

Daun kopi merupakan salah satu makanan yang spesial untuk ruminansia. Potensinya cukup besar untuk dijadikan sebagai pakan ternak. Jika dibandingkan dengan pakan lain seperti rumput gajah, daun sapi memiliki nutrisi yang lebih besar. Kandungan daun kopi yang masih basah mencapai 23% untuk protein kasarnya.

Untuk memberikan makan daun kopi pada kambing, Anda bisa memilihkan yang berkualitas. Jangan sampai Anda memberikan daun kopi yang benar-benar masih segar tanpa proses pelayuan terlebih dahulu. Proses pelayuan pada daun kopi bertujuan untuk mengurangi kandungan kafein.

Kandungan kafein dan langgu yang terdapat pada daun kopi membuat ternak tidak menyukainya. Jika Anda akan memberikan daun kopi untuk pakan kambing , lakukan pelayuan yang benar-benar sesuai. Angin-anginkan terlebih dahulu sebelum diperlukan pada ternak.

5 Manfaat Daun Kopi Untuk Pakan

Memberikan daun kopi sebagai pakan kambing ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Memenuhi kebutuhan pakan ternak

Kambing merupakan hewan herbivora. Ternak ini membutuhkan daun-daun segar untuk mencukupi kebutuhan makanannya. Daun kopi bisa dijadikan sebagai pakan ternak yang baik karena mudah untuk didapatkan.

2. Membantu memanfaatkan limbah

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, banyak perkebunan kopi yang menghasilkan ratusan ton kopi setiap tahun. Ketika tanaman kopi sudah dirasa tidak baik, maka sangat penting untuk mengganti tanaman tersebut. Daun kopi bisa diberikan atau dibeli oleh peternak sapi sehingga tidak terbuang sia-sia.

3. Menghemat proses produksi ternak ruminansia

Memberikan makan kepada ruminansia seperti kambing memang memerlukan tenaga yang cukup optimal. Peternak harus merumput di berbagai tempat agar bisa mendapatkan rumput yang banyak dan segar. Untuk menghemat produksi, maka peternak ruminansia bisa menggunakan daun kopi yang sudah tidak digunakan untuk dijadikan sebagai pakan. Maka, proses produksi atau pemeliharaan pun akan menjadi lebih hemat.

4. Pakan alternatif

Memilih daun kopi untuk pakan kambing merupakan cara alternatif. Tentunya, pada musim-musim tertentu rumput yang hijau sulit didapatkan. Apalagi pada musim kemarau. Rumput-rumput yang segar pasti akan sulit untuk didapatkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan pakan alternatif berupa daun kopi.

5. Kandungan gizi tinggi

Daun kopi yang masih segar mengandung nutrisi setara dengan daun kandungan nutrisi leguminosa seperti yang terdapat pada daun gamal. Ini akan memberikan protein lebih untuk mencukupi kebutuhan ternak ruminansia Anda. Maka, tidak ada salahnya untuk memberikan pakan ternak berupa daun kopi.

Agar ternak Anda terbiasa dengan pakan jenis ini, maka berikanlah daun kopi yang masih segar atau yang sudah diangin-anginkan pada saat ternak dalam kondisi sangat lapar. Puaskan terlebih dahulu. Jika sudah, berikanlah daun kopi untuk pakan kambing secara rutin setiap hari. Jangan lupa, cacah daun kopi agar ternak bisa mengkonsumsinya dengan lebih mudah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top