Cara Ternak Belut dalam Tong Tanpa Lumpur

Belakangan ini, belut menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat, baik dihidangkan sebagai masakan hingga menjadi keripik. Belut sendiri memiliki kandungan yang baik bagi tubuh di mana bisa mengobati dan mencegah anemia, meningkatkan imunitas tubuh, menangkal rasa lelah, dan lain sebagainya. Melihat manfaatnya yang banyak, maka memelihara belut menjadi hal yang menjanjikan. Oleh karena itu, berikut adalah cara ternak belut yang bisa dilakukan di rumah!

gakemanamana.wordpress.com

Cara Budidaya Belut di Tong yang Mudah Dilakukan

Ada beberapa cara ternak belut yang bisa Anda aplikasikan, salah satunya dengan menggunakan tong atau drum. Metode ini dianggap paling praktis dan memungkinkan untuk dilakukan oleh para pemula, yuk simak!

1. Siapkan Tong

Tong atau drum bisa menjadi tempat ternak belut yang potensial di mana Anda hanya perlu menyiapkan tong yang kebersihannya terjaga.

2. Menyusun Habitat

Penyusunan habitat buatan untuk belut menjadi salah satu hal penting untuk keberhasilan kembang biaknya, berikut adalah beberapa caranya:

  • Letakkan jerami di dasar tong dengan ketebalan sekitar 10 cm
  • Masukkan microorganisme starter sekitar 1 liter
  • Tambahkan kompos dengan ketebalan kurang lebih 5 cm
  • Setelah itu, tuangkan air setinggi 5-10 cm tergantung tinggi tong yang Anda gunakan

3. Penyebaran bibit

Masukkan satu persatu bibit belut ke dalam tong. Pisahkan bibit belut di tempat berbeda berdasarkan ukurannya. Maksudnya, taruh bibit belut ukuran kecil di satu tempat. Kemudian, ukuran belut yang agak besar ditempatkan di satu wadah berbeda.

3. Pemberian Pakan

Cara ternak belut yang terakhir adalah dengan memerhatikan kebutuhan pakan. Ada rumus sederhana yang bisa Anda terapkan dalam memberikan pakan belut yang sesuai takaran, yaitu berikan makan dengan takaran 5-20 persen dari bobot belut. Lebih mudahnya, saat berumur 0-1 bulan berikan pakan dengan takaran 0-5 kilogram. Setiap bertambah satu bulan, maka takaran pakan bertambah 0.5 kg.

Makanan yang bisa Anda berikan pada belut yang masih kecil antara lain, cacing, kutu air, larva ikan, serangga, dan kecebong. Sedangkan pada belut besar, Anda bisa memberinya kepiting, keong, serangga dewasa, katak, belatung, ikan, dan lain sebagainya. Pakan-pakan tersebut sebaiknya dicacah terlebih dahulu dan diberikan saat hari sudah mulai gelap.

Demikian cara ternak belut dalam tong yang bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa menggunakan lumpur. Pada proses perawatan, Anda bisa memperhatikan kondisi air secara berkala dan memperhatikan pakannya selama 3-4 bulan hingga panen belut tiba. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *