Simak Cara Mengusir Semut di Kandang Jangkrik Efektif

Meskipun diketahui membawa banyak manfaat dalam kehidupan alam dan lingkungan, terkadang kehadiran semut di sekitar kita meninggalkan rasa jengkel. Bagi peternak jangkrik, Anda harus mengerti cara mengusir semut di kandang jangkrik tanpa membunuhnya.

Beternak jangkrik dibutuhkan perhatian ekstra supaya bisa menghasilkan jangkrik berkualitas dan sehat. Salah satu gangguan yang mungkin muncul saat beternak jangkrik adalah kehadiran semut. Semut mengincar bangkai jangkrik yang mati bila tidak segera dibersihkan. Hewan ini pun akan mengerumuni dan mengganggu jangkrik lain yang masih hidup. Itulah mengapa penting bagi peternak jangkrik untuk tahu cara mengusirnya.

Cara Mengusir Semut di Kandang Jangkrik dengan Bahan Mudah

Karena semut merupakan salah satu hewan dalam keseimbangan ekosistem alam, tidak baik membasminya sampai habis. Langkah terbaiknya adalah mengusir semut dan membuat kawanan mereka tidak kembali lagi. Jika kandang jangkrik Anda sudah muncul tanda-tanda dikerumuni semut, Anda harus terlebih dahulu mencari sumbernya.

Apakah ada sisa makanan atau jangkrik mati di sana yang memungkinkan mengundang datangnya semut. Setelah itu, baru Anda bisa menerapkan cara mengusir semut di kandang jangkrik berikut ini.

1. Semprotkan Air Jeruk Nipis

Semut sangat tidak menyukai aroma asam dari jeruk nipis. Mereka selalu menghindari tempat-tempat yang berbau masam. Sifat inilah yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis dan menyemprotkannya di area semut berkerumun. Pastikan tidak mengenai jangkriknya. Mencium adanya bau asam, semut-semut akan segera pergi dari kandang jangkrik Anda.

2. Taburkan Kayu Manis

Meskipun namanya kayu manis, namun bukan berarti semut akan menyukai salah satu bumbu dapur ini. Ternyata, semut juga tidak menyukai aroma alami dari kayu manis.

Cara mengusir semut di kandang jangkrik dan membuatnya tidak kembali lagi adalah dengan menaburkan bubuk kayu manis di sekitaran kandang. Anda juga bisa menggunakan kayu manis batangan jika tidak tersedia kayu manis bubuk.

Selain mampu mengusir semut, kayu manis memiliki sifat antibakteri. Bumbu dapur ini bisa digunakan untuk mencegah jamur dan bakteri patogen yang bisa saja menyerang jangkrik. Dengan menggunakan kayu manis, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

3. Semprotkan Peppermint

Aroma dingin dan menyegarkan dari minyak peppermint mungkin menjadi favorit manusia, namun aroma ini sangat tidak disukai oleh semut. Semut akan berhamburan dan kabur begitu mencium aroma peppermint dari dekat.

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam air, kemudian disemprotkan ke kandang jangkrik.

4. Gunakan Ampas Kopi

Salah satu bahan dapur yang mudah ditemukan dan sangat bermanfaat untuk mengusir semut mengganggu adalah ampas kopi. Bagi hewan kecil ini, kopi memiliki aroma khas yang membuat mereka enggan.

Itulah mengapa Anda tidak akan pernah melihat kopi pahit tanpa gula yang dikerumuni oleh semut. Supaya lebih hemat, Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk mengusir semut karena aromanya masih cukup tajam bagi mereka.

5. Gunakan Campuran Gula Halus dan Baking Soda

Mungkin Anda berfikir bahwa campuran gula dan baking soda justru akan mengundang semut. Namun, jawabannya adalah tidak. Gula halus yang dicampurkan dengan baking soda akan membentuk rasa asam tertentu. Rasa asam ini akan memengaruhi dan membingungkan semut. Mereka akan mencari tempat lain untuk mendapatkan bahan makanan.

Lima cara mengusir semut di kandang jangkrik di atas terbuat dari bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan. Prosesnya juga tidak sulit yaitu cukup meletakkan atau menyemprot saja. Dengan cara ini, Anda tidak harus membunuh semut karena nantinya akan semakin merepotkan. Bahan ini akan membuat mereka pergi dan tidak akan kembali lagi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top