Cara Menghilangkan Kutil Pada Sapi Yang Terbukti Ampuh

Penyakit kutil merupakan salah salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang hewan ternak seperti sapi. Penyakit jenis ini termasuk dalam kategori tumor kulit ringan yang biasanya terjadi di area leher. Dampak dari kutil ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh hewan ternak menurun, sehingga bisa menimbulkan kerugian lainnya. Jika ternak sapi Anda mengalami penyakit kutil, berikut akan diulas mengenai cara menghilangkan kutil pada sapi.

7 Teknik Penyembuhan Hilangkan Kutil Pada Sapi

Meski kutil tidak menyebabkan nyeri, namun dapat membuat rasa tidak nyaman bagi sapi. Kutil tergolong penyakit menular dan bisa ditularkan melalui kontak langsung dari jarum suntik maupun pakan ternak. Namun perlu diketahui juga bahwasanya kutil yang jumlahnya banyak bisa menimbulkan infeksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, di sini akan dipaparkan beberapa cara menyembuhkannya.

Adapun cara menghilangkan kutil pada sapi dengan cepat dan bisa dipraktekan adalah sebagai berikut

1. Pembedahan

Pembedahan merupakan salah satu teknik penyembuhan yang dinilai efektif dan cepat. Kutil yang terbentuk di jaringan kulit akan dibedah menggunakan pisau bedah untuk kemudian dibuang. Meski efektif, teknik satu ini hanya diperuntukkan untuk kutil tunggal saja, karena jika banyak, Anda pun akan kelelahan dalam membedahnya.

2. Cuka air apel

Cuka sari apel disinyalir dapat menghambat pertumbuhan tumor ringan pada kulit termasuk kutil. Hal ini terjadi karena cuka sari apel memiliki kandungan asam. Mengingat perihnya kandungan asam membuat teknik pengobatan ini tidak disarankan untuk kutil area mata dan organ vital.

3. Minyak jarak

Daun jarak mudah ditemui di area pedesaan, Anda bisa merebusnya untuk kemudian dioleskan pada kutil. Namun jika Anda tidak menjumpai, Anda bisa membeli minyak jarak di apotik. Cara menghilangkan kutil pada sapi dengan menggunakan minyak jarak cukup sederhana. Kutil biasanya disebabkan karena kulit mengalami iritasi, dengan mengaplikasikan minyak jarah pada kutil akan membuat kutil lunak.

4. Memberikan tambahan vitamin

Sistem imunitas tubuh pada hewan ternak bisa ditentukan oleh nutrisi yang diserapnya. Dengan memberikan tambahan vitamin, maka kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit pun semakin tinggi. Saat daya tahan tubuh meningkat, masalah kutil di kulit bisa teratasi dengan cepat.

5. Autovaksin

Penyakit yang menyerang area kulit ternak sapi ini bisa diatasi menggunakan autovaksin. Autovaksin bisa dibuat dari jaringan kutil yang ditambahkan dengan aquades, formalin, dan antibiotik dengan takaran tertentu. Autovaksin disuntikkan dengan subcutaneous, dan 3 minggu setelahnya kutil akan berkurang.

6. Pengikatan

Jika Anda tidak mau menggunakan obat-obatan karena takut berdampak terhadap kesehatan sapi lainnya, Anda bisa menggunakan teknik pengikatan. Cara menghilangkan kutil pada sapi dengan teknik pengikatan bisa dimulai dengan mengikat pangkal kutil. Setelah ikatan pada kutil kuat, Anda bisa menariknya dengan kencang agar aliran darah terputus, sehingga kutil bisa lepas dengan sendirinya.

7. Perawatan interferon subuktan

Tatkala penyakit kutil sudah parah, Anda bisa memilih perawatan interferon subuktan yang bisa diresepkan oleh dokter hewan. Kutil jenis ini biasanya terjadi karena terdapat infeksi virus pada kulit. Interferon bisa disuntikkan ke bagian kulit sapi oleh dokter hewan atau peternak.

Itulah 7 cara menghilangkan kutil pada sapi yang bisa Anda praktikan sendiri. Anda bisa memilih salah satu dari 7 teknik penyembuhan di atas sesuai dengan kemampuan Anda. Jika kutil pada sapi tak kunjung sembuh dalam kurun waktu yang lama, segera hubungi dokter hewan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top