Cara Mengatasi Gudik Pada Sapi Untuk Jaga Kesehatan Di Peternakan

Scabies atau gudik merupakan penyakit kulit yang kerap dijumpai pada hewan ternak, termasuk di antaranya sapi. Membiarkannya terlalu lama pun jelas membahayakan, sebab akan mengancam kesehatan sang hewan. Untuk itu sebagai peternak bertanggungjawab, Anda perlu mengetahui cara mengatasi gudik pada sapi sebelum mengancam keberlangsungan mereka.

Kenali penyebab gudik pada sapi

Sapi yang mengalami scabies umumnya sering menggigit bagian tubuh tertentu. Ada juga yang menggosokkan bagian yang gatal ke kandang atau permukaan lain untuk menggaruknya. Kadang, gudik yang tak segera ditangani akan menyebabkan luka hingga infeksi.

Scabies, seperti kudis pada manusia, adalah penyakit yang mudah menular. Jika ada seekor sapi yang terinfeksi, akan mudah bagi scabies berpindah ke sapi-sapi yang lain. Anda dapat bayangkan sebesar apa kerugian peternakan kalau semua sapi terkena scabies. Dampaknya akan semakin buruk apabila sapi maupun kandang jarang dirawat.

Lantas, apa yang menyebabkan sapi terkena scabies? Salah satu faktor penyebabnya adalah kandang dan lingkungan yang kotor. Akibatnya, lalat yang membawa kotoran dan jamur lebih mudah menempel pada permukaan kulit.

Kotoran yang dibawa lalat tak jarang mengandung tungau jenis Sarcoptes Scabiei. Di sini scabies lantas berkembang dan mengganggu kesehatan sapi. Lebih buruknya, tungau ini dapat menularkan penyakit serupa kepada manusia. Untuk itu, sebagai peternak yang baik dan peduli dengan peliharaannya, Anda tak boleh mengabaikan kebersihan sapi maupun kandangya.

Cara Mengatasi Gudik Pada Sapi

Mengatasi scabies pada sapi di peternakan

Setelah mengetahui penyebabnya, seperti apa cara mengatasi gudikpada sapi yang dapat dilakukan? Sama seperti penyakit kuku dan mulut (PMK) yang mengandalkan obat PMK sapi, ada serangkaian obat medis yang disediakan untuk menangani scabies. Dua di antaranya dapat Anda simak di bawah ini:

1. Ivomec Super

Ivomec super merupakan obat cair yang diklaim sangat ampuh mengatasi scabies pada hewan ternak. Bukan hanya sapi, tetapi juga domba dan kambing. Sesuai namanya, obat ini akan disuntikkan pada sapi yang mengalami scabies sesuai takaran yang dianjurkan.

Namun, obat injeksi ini tak boleh diberikan kepada sapi yang hendak disembelih. Anda harus segera menghentikan pemakaiannya minimal 21 hari sebelum sapi yang bersangkutan dipotong.

2. Intermectin 

Berikutnya ada intermectin yang mengandung invermectin sebanyak 10 miligram. Kandungan ini yang nantinya akan melumpuhkan hingga membunuh sejumlah parasit. Intermectin pun mempunyai spektrum efikasi luas, sehingga mampu mengatasi parasit eksternal maupun internal.

Dengan kata lain, intermectin tak hanya ampuh dipakai untuk mengatasi gudik. Namun, Anda perlu memperhatikan dosisnya baik-baik untuk cegah efek samping.

Demikian cara mengatasi gudik pada sapi. Jika Anda belum terlalu paham menggunakan obat-obatan di atas, sebaiknya konsultasikan dulu bersama dokter hewan terpercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top