Begini Cara Menanam Rumput Odot Yang Baik Bagi Para Pemula

Tahukah Anda apa itu rumput odot? Rumput odot ini adalah salah satu jenis rumput yang bisa dijadikan sebagai makanan ternak. Jenis rumput ini cocok untuk ditanam bagi Anda para peternak pemula yang mengembangbiakkan kambing atau sapi. Rumput ini sangat direkomendasikan untuk membuat ternak Anda lebih cepat gemuk dan sehat. Sebagai pemula yang masih awam, Anda terlebih dahulu harus mengetahui tentang cara menanam rumput odot yang baik agar hasilnya maksimal.

Cara Menanam Rumput Odot

Berikut ini adalah beberapa langkah cara menanam rumput odot yang bisa Anda lakukan agar tidak bingung dengan rangkaian pembibitan hingga pemanenannya.

1. Pembibitan rumput

Rumput ini cukup mudah untuk ditanam karena pembibitannya dapat dilakukan dengan cara stek batang. Caranya adalah dengan memotongnya kurang lebih 15 hingga 25 cm dan ditancapkan ke lahan yang akan ditanami.

Sebelum melakukan penanaman, akan lebih baik bila lahan di beri pupuk dasar menggunakan pupuk kandang terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk memilih lahan yang mendapatkan sinar matahari secara penuh karena merupakan kunci sukses cara menanam rumput odot yang baik.

2. Pola menanam rumput

Dalam menanam rumput odot, Anda dapat menanamnya dengan pola monokultur atau sebagai tanaman sela. Yang dimaksudkan monokultur adalah Anda sengaja menanami lahan hanya untuk rumput odot saja. Sedangkan untuk pola tanaman sela, Anda dapat mengkombinasikannya dengan tanaman yang lain. Rumput odot yang ukurannya lebih pendek ini ternyata juga berguna untuk menahan erosi pada lahan pertanian.

3. Cara menanam rumput odot

Selanjutnya adalah cara menanam rumput odot yang baik, yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan lahan yang akan digunakan untuk bercocok tanam dari berbagai gulma atau tanaman yang mengganggu.
  • Langkah selanjutnya adalah mencangkul lahan yang akan ditanami dan membuat gunungan dengan lebar 60 cm – 80 cm dan tingginya kurang lebih 20 cm.
  • Di setiap gundukannya dapat ditanami bibit kurang lebih sebanyak 5 buah yaitu 2 ruas di dalam tanah dan 3 ruas di atas tanah. Untuk per barisnya, Anda dapat memberinya jarak sejauh 50 – 75 cm.
  • Untuk tiap barisnya dapat diberi jarak 75 -150 cm.

4. Cara memupuk rumput odot

Berikut ini adalah cara untuk memupuk rumput odot sebagai salah satu langkah cara menanam rumput odot yang baik :

  • Untuk melakukan pemupukan dasar, Anda dapat menggunakan pupuk kandang yaitu dengan kotoran sapi atau kotoran kambing kurang lebih 3 ton untuk setiap hektarnya.
  • Ulangilah pemberian pupuk 15 hari setelah menanam agar pertumbuhan rumput odot dapat lebih pesat. Anda dapat melakukannya dengan memberikan rumput urea NPK dengan jumlah 60 kg untuk setiap hektarnya.
  • Selain itu Anda juga bisa menggunakan pupuk cair yang berasal dari urin kambing yang difermentasi dan dapat disemprotkan ke tanaman dan tanah.

5. Masa panen

  • Rumput ini dapat dipanen saat sudah berusia 70 hingga 80 hari
  • Ciri rumput yang siap panen yaitu yang ruas batangnya telah berukuran kurang lebih 15 cm
  • Namun pada musim hujan, rumput odot dapat dipanen lebih cepat yaitu saat berusia 35 hingga 45 hari saja
  • Di musim kemarau, pemanenan rumput odot dapat dilakukan saat berusia 40 hingga 50 hari
  • Cara memanen rumput yang benar yaitu dengan memotongnya pendek sejajar dengan tanah
  • Agar hasil panen berikutnya baik, untuk pemanenan pertama dilakukan saat berusia 60 hari atau lebih hingga batangnya berukuran 30 – 40 cm

Ternyata cara menanam rumput odot yang baik dan benar tidaklah sulit dan rumit. Anda dapat melakukannya di lahan kosong yang dimiliki tanpa melakukan banyak perawatan. Rumput ini dapat Anda gunakan sebagai pakan hijau ternak yang penuh nutrisi agar hasil panen ternak Anda dapat memuaskan dan mendapat banyak keuntungan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top