4 Tata Cara Menanam Rumput Jepang Paling Mudah Dipraktekkan

Salah satu jenis rumput yang sering dipakai sebagai penghias halaman rumah adalah rumput jepang. Tahukah Anda cara menanam rumput jepang paling mudah? Ya, menanam rumput hias ini memang dikenal cukup sulit.

Meski tidak membutuhkan keahlian khusus, namun rumput jepang perlu perawatan ekstra atau perhatian berlebih. Jika Anda tidak paham caranya, bisa jadi tanaman rumput Anda tidak tumbuh sempurna dan bahkan mati. Oleh sebab itu, mari simak informasi berikut ini bila Anda ingin menanam rumput jepang sendiri di rumah.

Cara Menanam Rumput Jepang Paling Mudah di Rumah

Rumput jepang memiliki ukuran yang lumayan pendek dengan tekstur sedikit kasar. Daunnya kurus dan rapat sehingga ketika tumbuh lebat, rumput jepang akan nampak seperti karpet tebal. Inilah yang membuat banyak orang lebih tertarik menggunakan rumput jepang dari pada jenis rumput lainnya.

Dengan kelebihan tersebut, rumput jepang ternyata harus diperlakukan dengan lebih spesial. Seperti disebutkan sebelumnya, tanaman rumput ini membutuhkan perhatian ekstra supaya bisa tumbuh dengan lebat, hijau dan sehat.
Berikut ini akan kami sampaikan cara menanam rumput jepang paling mudah untuk dipraktekkan di rumah. Diantaranya adalah :

1. Pemilihan Bibit

Bibit rumput jepang yang dijual di toko pertanian atau bunga biasanya tersedia dalam bentuk lembaran atau bongkahan. Bibit seperti ini akan memudahkan Anda dalam menanamnya karena Anda tinggal menancapkannya saja.

Yang perlu diperhatikan adalah kualitas bibit yang Anda beli. Pastikan bibit dalam kondisi sehat, hijau segar, bertekstur keras dan tidak nampak layu. Bibit juga harus bebas dari hama dan penyakit. Periksalah sebelum Anda memilih bibitnya.

2. Persiapan Lahan

Jika halaman yang akan ditanami rumput jepang tidak cukup subur atau gembur, Anda bisa melakukan beberapa langkah persiapan lahan berikut ini, yaitu :

  • Cangkul tanah sedalam 5 – 10 cm dan ratakan kembali
  • Sambil mencangkul, bersihkan tanah dari bebatuan dan sampah yang bisa menganggu pertumbuhan
  • Jika dirasa tanah masih kurang gembur, Anda bisa menggunakan garpu untuk meratakannya
  • Taburkan pupuk kandang sebanyak 5 kg di setiap 2 meter tanah
  • Siram setiap pagi dan sore supaya nutrisi pupuk bisa diserap sempurna dan tanah semakin subur

3. Proses Penanaman

Cara menanam rumput jepang paling mudah dan paling harus diperhatikan adalah waktu penanamannya. Jangan menanam rumput di pagi hari karena tanaman bisa kering akibat akar yang belum menancap sempurna. Akar belum bisa menyerap air dari tanah namun tanaman sudah terkena sinar matahari seharian.

Waktu menanam yang tepat adalah sore hari menjelang malam. Masukkan bibit ke dalam lubang yang berjarak 10 x 10 cm. Tutup dan ratakan lubang dengan tanah kemudian siram tanaman dengan merata.

4. Proses Perawatan

Perawatan rumput jepang terbilang sulit karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari dan pengairan yang rutin. Penyiraman air juga tidak bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit. Harus benar-benar tepat sesuai kebutuhannya.

Siram tanaman secara rutin di pagi dan sore hari. Pastikan untuk tidak terlalu basah apalagi sampai becek. Akar rumput jepang bisa mudah membusuk. Pupuk tanaman saat berusia 2 minggu dengan 0,5 kg pupuk urea atau TSP jika lahan berukuran 10 meter. Setelah usia 1,5 bulan, Anda bisa meningkatkan dosisnya.

Penyiangan dan pemangkasan juga perlu dilakukan supaya rumput jepang tumbuh dengan maksimal. Tanaman pengganggu harus dicabut karena selain merusak pemandangan juga akan mencuri nutrisi untuk rumput jepang.

Itulah 4 cara menanam rumput jepang paling mudah beserta tata cara perawatannya. Meskipun harus mengeluarkan tenaga dan perhatian yang sedikit lebih banyak untuk tanaman ini, namun Anda akan mendapatkan hasil yang sepadan. Rumput jepang yang dirawat dengan baik akan tumbuh sehat dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

0
Scroll to Top