4 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah dan Menguntungkan

Salah satu jenis bunga yang memiliki warna indah menawan adalah bunga matahari. Keelokan bunganya membuat masyarakat banyak mempelajari cara menanam bunga matahari dan mempraktekkannya di rumah. Menanam bunga matahari memberikan banyak kegunaan di rumah Anda. Selain bunganya yang indah dipandang, bunga matahari juga bisa diolah menjadi makanan pada bagian bijinya. Daun bunga ini juga bisa dijadikan pupuk dan makanan ternak.

Cara Menanam Bunga Matahari yang Benar

Hobi menanam bunga matahari nampaknya tidak hanya bisa dijadikan kegemaran semata. Harga bunga matahari di pasaran masih cukup tinggi baik pohon ataupun hasil olahan biji matahari. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan kesempatan seperti ini.

Berikut ini adalah cara menanam bunga matahari yang benar supaya bisa tumbuh dengan baik, yaitu :

1. Menentukan Letak dan Posisi Penanaman yang Benar

Bunga matahari tumbuh mengikuti arah sinar matahari. Mereka tumbuh menghadap timur karena hormon auxin tersimpan di sisi sebaliknya. Usahakan untuk menanam di lokasi yang berlimpah sinar matahari supaya tanaman ini tumbuh maksimal.

Pada dasarnya, tanaman bunga matahari bisa tumbuh di segala jenis tanah, namun tidak dengan tanah becek atau berair. Akarnya bisa membusuk dengan cepat dan mengakibatkan tanaman menjadi rusak.

Oleh sebab itu, lokasi penanaman yang paling tepat adalah sekitar 1500 mdpl atau bisa dilakukan di daerah pegunungan. Pertumbuhannya akan lebih baik dan bisa menghasilkan biji-biji yang banyak.

2. Menyemaikan Bibit Bunga Matahari

Gunakan bibit unggul yang diperoleh dari indukan yang bagus dan berkualitas. Anda bisa memperolehnya dari toko-toko pertanian. Untuk melakukan penyemaian bibit, lakukan beberapa cara berikut ini :

  • Persiapkan media semai yang terdiri dari tanah, pupuk kompos dan arang sekam.
  • Lakukan penyiraman secukupnya, tidak kurang dan tidak terlalu banyak
  • Taburkan bibit pada media sekam tersebut
  • Tunggu hingga 30 hari sampai bibit telah tumbuh setinggi 15 sampai 20 cm

3. Mengolah dan Memproses Media Tanam

Cara menanam bunga matahari yang tepat adalah mempersiapkan lahannya terlebih dahulu. Pastikan lahan yang hendak ditanami terbebas dari sampah dan kotoran. Lebih baik jika mencangkulnya terlebih dahulu untuk menggemburkannya.

Cangkul tanah sedalam kira-kira 30 cm dan buatlah gundukan panjang. Setelah itu, berikan pupuk kandang sekitar 0,5 sampai 1 kg untuk setiap tanaman. Aduk pupuk dengan tanah yang dicangkul sampai rata kemudian diamkan selama 2 minggu.

Jika Anda hendak menanam di pot, lakukan hal yang sama yaitu menggemburkan tanah terlebih dahulu dan menambahkan pupuk kandang. Ukuran pot harus cukup lebar karena akan tanaman ini bisa besar dan membutuhkan banyak ruang.

4. Merawat Tanaman

Cara menanam bunga matahari yang benar selanjutnya adalah ketepatan proses perawatannya. Bibit tanaman ini harus berukuran sekitar 15 sampai 20 cm untuk bisa dipindahkan ke media tanam seperti pot atau langsung di tanah.

Buat lubang di media yang sudah dipersiapkan sedalam tinggi pangkal pohon sampai akarnya. Lakukan penyiraman setiap hari supaya tanaman tumbuh dengan baik. Jangan lupa berikan pupuk agar nutrisi untuk pertumbuhannya selalu tercukupi.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika tanaman terkena hama. Berikan pestisida atau insektisida sesuai takarannya. Selanjutnya, Anda harus memberikan perhatian khusus supaya hama tanaman tidak lagi menyerang.

Cara menanam bunga matahari cukup mudah dilakukan. Anda juga bisa menanamnya di dalam pot bila tidak memiliki lahan yang cukup luas. Berikan perhatian khusus dalam merawatnya supaya tanaman ini tumbuh dengan baik dan sehat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top