fbpx

Cara Memelihara Gecko Untuk Pemula, Tidak Rumit Lho

Cara Memelihara Gecko

Bagaimanakah cara memelihara gecko untuk pemula? Susah tidak ya ?

Kebayang tidak sih mengurus gecko di rumah? Bagi pecinta reptil pasti sudah memilikinya. Nah bagi anda yang belum pernah merasakannya sama sekali, namun ada keinginan memeliharanya. Mulai aja dulu.

Banyak orang menyebut binatang ini dengan sebutan tokek. Hewan ini terdapat banyak kegunaan bagi umat manusia. maka dari itu orang-orang memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Selain itu binatang pemakan serangga ini mempunyai beragam corak kulit yang sangat indah. Dengan begitu, dapat menghasilkan pundi-pundi yang menguntungkan

Bagaimana Cara Merawat Gecko Bagi Pemula?

Suara tokek yang khas memang terkadang mengganggu. Apalagi bunyinya muncul saat sedang tidur. Akan menjengkelkan sekali. Meskipun begitu bintang autotomi ini memberikan manfaat bagi kesembuhan manusia.

Penyakit kulit bisa diobati dengan daging tersebut. Bahkan ekstrak air yang sudah menjadi salep bisa menyembuhkan luka. Terlebih lagi dapat sebagai obat kanker. Sangat berfaedah kan? Yuk simak cara memelihara gecko bagi pemula.

1. Membangun Kandang

Ketika ada hasrat memelihara tokeh, hal pertama yang dilakukan ialah membuat kandang. Dengan begitu satwa ini merasa mempunyai rumah sendiri. Bikinlah tempat yang segar, sehat, dan menyenangkan.

Pada alasannya tidak boleh diberikan pasir, serbuk kayu, atau apapun yang menyebabkan debu. Hal ini tidak baik bagi kesehatannya, karena benda-benda tersebut bisa terhirup secara terus menerus.

Bahan membuat tempatnya bisa dari kayu atau kaca fiber. Jika anda ingin melihat tokek di dalamnya, pilih saja yang dari kaca. Untuk ukurannya sesuai minat saja, asalkan jangan terlalu sempit.

Di dalam kandang berikan tempat khusus untuk bersembunyi. Alasnya menggunakan kertas atau handuk. Buatkan juga tempat makan dan minum. Selain itu berikan kayu kecil untuk bertengger. Tutuplah dengan kawat yang bisa melindungi dari serangan hewan lainnya. Letakkan kandang di tempat yang kurang cahaya. Cara memelihara gecko ini sangat penting diperhatikan.

2. Adanya Pencahayaan

Sesungguhnya fauna ini tidak terlalu suka adanya cahaya. Namun masih membutuhkan kehangatan pada ruangannya. Maka dari itu pasang lampu yang mempunyai watt sangat kecil. Belilah lampu berwarna kuning, merah, atau biru. Tidak mau kan melihat reptil ini kedinginan karena aktif di malam hari. Akan tetapi jika suhunya normal tidak perlu memasang lampu atau heatpad.

3. Memberi Makanan Bernutrisi

Cara memelihara gecko bagi pemula yang wajib diperhatikan ialah pemberian makanan. Asupan makanan menjadi hal utama dalam menjaga kondisi tubuh binatang bertotol ini. Tokek akan makan jangkrik, cacing, dan lalat. Jenis cacing berupa melaworm, waxworm, dan superworm.

Cacing mealworm menjadi makanan utama tokek leopard. Sedangkan waxworm dan superworm sebagai cemilan yang hanya diberikan seminggu sekali. Jangan berikan makanan dari insect liar, supaya terhindar dari zat beracun dalam tubuhnya.

Berikan makanan setiap hari. Jika belum habis anda tidak boleh memberikannya lagi. Tunggu makanan tersebut sampai tak bersisa. Jangan lupa, gantilah menunya supaya ada nutrisi makanan lain untuk dikonsumsinya.

4. Memberikan Multivitamin

Cara memelihara gecko bagi pemula selanjutnya menyediakan vitamin. Kasihkan vitamin D3 pada hewan tersebut dengan tujuan menjaga tulangnya. Ada juga yang bisa dibuat sendiri. Zat gizi lainnya supaya bobot tokek naik, campurkan madu dalam air minumnya. Atau berilah cairan kuning telur di wadah makanannya. Berikan vitaminnya dua minggu sekali.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Membersihkan tempat tinggal binatang suatu kegiatan yang sangat penting. Hewan yang dirawatnya pun menjadi sehat. Bahkan tempatnya bernaung sangat bersih dan nyaman ditinggali. Buanglah kotoran tokek ini. Alasnya ganti dengan yang baru dan bersih. Sesekali lap kandangnya jika terbuat dari kaca. Dengan begitu gekko terhindar dari tumbuhnya bakteri dan jamur.

Cara memelihara gecko bagi pemula memang mudah dan murah. Jagalah pula spesies ini. Sehingga rantai makanan tidak terputus begitu saja.

Leave a Reply

0
Scroll to Top