Cara Membuat Kolostrum Untuk Anak Sapi Alami dan Mudah

Tidak jauh berbeda dengan kolostrum pada manusia, kolostrum sapi juga berfungsi untuk menjaga system kekebalan tubuh pada anak. Namun akan sangat disayangkan jika, cairan berwarna kuning kental ini tidak dikeluarkan oleh induk sapi. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak sapi. Tapi Anda tidak usah khawatir, karena sekarang anda bisa membuatnya sendiri. Seperti apa cara membuat kolostrum untuk anak sapi, berikut ulasannya.

Cara Membuat Kolostrum Untuk Anak Sapi

Guna menjaga tumbuh kembang anak sapi tetap optimal, peternak bisa membuat kolostrum sendiri dengan menggunakan bahan-ahan alami. Selain terjaga kealamiannya, kolostrum sapi buatan ini memiliki manfaat yang tidak kalah dari kolostrum aslinya lho. Diantaranya mengurangi resiko gangguan pencernaan sehingga bisa membantu pengeluaran kotoran sapi pertama dan masih banyak manfaat lainnya.

Adapun cara membuat kolostrum untuk anak sapi yang mirip seperti aslinya adalah sebagai berikut :

1. Bahan yang dibutuhkan

Sebelum proses pembuatan kolostrum, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan alaminya. Bahan-bahan di bawah ini digunakan untuk hasil takaran 5 liter kolostrum. Bahan yang dibutuhkan diantaranya:

a. Gula pasir 40 gram
b. Madu tawon asli 40 ml
c. Minyak ikan asli 80 ml
d. Susu full cream 2,5 kg
e. Telur ayam (boleH telur ayam rasa tau ayam kampung) sebanyak 5 butir
f. Air steril (qs) atau sudah dimasak dan tentunya bersih sebanyak 5 liter

2. Langkah-langkah pembuatannya

Cara membuat kolostrum untuk anak sapi dilakukan dengan beberapa langkah. Sebelum pembuatan pastikan bahan dan peralatan yang digunakan dalam keadaan higienis.

Sementara itu untuk langkah-langkahnya sendiri dapat disimak di bawah ini:

  • Siapkan segala bahan dan peralatan yang dibutuhkan, takar dan ukur bahan sesuai kebutuhan.
  • Rebus air bersih kurang lebih 4.5 liter hingga mendidih dalam wadah enamel (non legam). Hal ini bertujuan untuk mensterilkan air, rebus selama kurang lebih 3-4 menit.
  • Matikan api dan biarkan air dingin hingga suhunya 40 derajat Celcius.
  • Pecahkan kulit telur ayam baik ayam ras maupun telur ayam kampung. Siapkan wadah yang berguna sebagai tempat pengocokkan. Kocok telur hingga putih dan kuning telur tercampurkan
  • Siapkan wadah non logam yang lebih besar guna menampung seluruh bahan. Masukan bahan secara berututan mulai dari susu full cream, kemudian diikuti oleh kocokan telur. Bahan-bahan yang lainnya seperti madu tawon dan minyak bisa dimasukkan setelah keduanya. Selama proses pembuatan, jangan lupa untuk selalu mengaduknya agar tidak menggumpal dan adonan menjadi rata.
  • Cara membuat kolostrum untuk anak sapi telah selesai dilakukan, kini Anda tinggal memberikannya kepada anak sapi kesayangan Anda. Selain sapi kolostrum ini bisa juga diberikan hewan ternak lainnya seperti kerbau, domba ataupun kambing.
  • Sajikan dalam keadaan hangat akan terasa lebih nikmat.

3. Saran Penyajian

Anak sapi atau yang biasa disebut sebagai pedhet ini sebaiknya berikan kolostrum dengan frekuensi 3 kali sehari. Pemberian bisa dilakukan saat pagi, siang dan sore hari. Setiap 4-5 liter kolostrum bisa diberikan untuk satu ekor anak sapi. Sementara untuk anak domba dan kambing cukup 0.5 liter.

Kolostrum yang Anda buat ini bisa disajikan selama 4-5 hari pasca anakan ternak lahir. cara membuat kolostrum untuk anak sapi di atas bisa Anda terapkan saat induk sapi belum mampu menyusui anak sapi pasca melahirkan. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya kolostrum pada pertumbuhan anak ternak.

Leave a Reply

0
Scroll to Top