fbpx

Bunga Chamomile: Menyegarkan Mata, Pikiran, dan Tubuh

Siapa yang tidak tahu tentang bunga chamomile? Bunga yang mudah ditemukan di Indonesia. Bunga ini dikenal selain mampu menyegarkan mata karena bentuknya yang indah. Mampu menyegarkan pikiran dan tubuh juga karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Jadi mari mengenali lebih jauh tentang tanaman herbal ini!

image via Wallpaperbetter.com

Bungan chamomile merupakan tanaman jenis Matricaria chamomile L. Tanaman ini dapat ditemukan di daerah Eropa, Asia Utara, dan Afrika Utara. Nama chamomile berasal dari bahasa Yunani, yaitu Chamos dan Milos yang berarti apel. Nama itu diplih karena wangi dari bunga chamolmile mirip seperti apel.

Morfologi Bunga Chamomile

Bunga ini memiliki kelopak berwarna putih dan putik berwarna kuning. Secara keseluruhan bentuk dan warna bunganya mirip dengan bunga aster. Bunga ini memiliki batang berbentuk tegak lurus, berkerut serta bercabang. Warna batangnya ada yang hijau kecoklatan dan hijau kekuningan. Sedangkan daunnya berwarna hijau pucat. Tinggi tanamannya berkisar 15 cm sampai 30 cm dari permukaan tanah.  

Kandungan Bunga Chamomile

Jika dibayangkan bunga chamomile ini sangat indah. Mampu menyegarkan mata saat penat beraktivitas. Selain itu, bunga ini bisa menyegarkan pikiran dan tubuh. Ternyata ada zat kimia yang terkandung dalam bunga, yaitu flavonoid. Flavonoid merupakan nutrisi dan antioksidan yang banyak terkandung dalam tumbuhan. Kandungan dalam flavonoid ini berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kanker dan penyakit kardiovaskular.

 Cara Menikmati Bunga Chamomile

Oleh karena itu, bunga chamomile digunakan sebagai obat yang berbentuk teh, ekstrak, sampai kapsul. Dari ketiga bentuk tersebut, biasanya teh lebih disukai karena tidak seperti meminum obat. Cara membuat teh dari bunga ini sangat mudah. Hanya tinggal mengeringkan bunganya lalu diseduh dengan air panas. Jika ingin rasanya lebih enak, tinggal tambahkan daun mint dan madu.

Khasiat Bunga Chamomile

Kaum wanita wajib mencobanya karena memiliki khasiat untuk meredakan nyeri saat haid. Selain itu untuk yang memiliki penyakit insomnia juga harus mencobanya karena mampu membantu tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, si kecil berwarna putih ini juga memiliki khasiat lainnya. Seperti dapat meredekan rasa cemas dan dapat menurunkan resiko diabetes.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top
Scroll to Top