fbpx

Bawang Putih Tunggal (Solo Garlic) Apa Bedanya dengan Bawang Putih Biasa?

Masakan Khas Indonesia sangat identik sekali dengan bumbu atau rempah-rempah, bawang putih menjadi salah satunya. Allium Sativum atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Garlic ini tidak boleh terlewat dalam daftar bumbu yang digunakan untuk memasak. Bawang putih bahkan telah digunakan oleh manusia lebih dari 7.000 tahun, dan tersebar di Asia, Afrika dan Eropa.

Tersebar di beberapa benua tentunya bawang putih memiliki jenis-jenis yang berbeda. Salah satunya yaitu jenis bawang putih Asiatik yang banyak ditemukan di pasar-pasar. Selain itu, ada beberapa jenis lain seperti bawang putih Softneck, Hardeneck, Georgia, beruang, bawang putih ungu, bawang putih gajah, dll. Jenis-jenis tersebut memiliki karakteristik dan ukuran yang berbeda-beda.

image via ayobandung.com

Dari satu bonggol Bawang putih, umumnya memiliki beberapa suing yang terpisah-pisah. Jumlahnya sekitar 8-12 siung di setiap bonggolnya. Bergantung pada jenis bawang putih tersebut. Tapi tahukah kamu ternyata juga loh bawang putih yang hanya memiliki satu siung.

image via Popmama.com

Ya, bawang putih tunggal (Solo Garlic) atau juga dikenal dengan nama Bawang Lanang. Meski agak cukup jarang terdengar atau populer di masyarakat indonesia, tetapi bawang putih tunggal tidak kalah dengan bawang putih biasa dari rasa, khasiat, atau aromanya. Bahkan bawang putih tunggal dipercaya memiliki lebih banyak khasiat dan manfaatnya dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Beberapa khasiat dari bawang putih tunggal diantaranya yaitu

1. Menurunkan kolesterol jahat
2. Menjaga tubuh agar tetap bugar
3. Mencegah hipertensi
4. Baik untuk rambut dan kulit
5. Sebagai pencegah kanker
6. Bisa mengatasi masuk angin, batuk, asma maupun maag.

Tanaman bawang putih tunggal tersebar hampir di seluruh indonesia. Karena manfaat dan khasiatnya yang banyak, bawang putih tunggal banyak dicari-cari oleh orang. Oleh sebab itu, bawang putih tunggal lebih banyak digunakan sebagai bahan obat, berbeda dengan bawang putih biasa yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa kandungan yang terdapat pada bawang putih tunggal diantaranya minyak atsiri, Allicin, kalsium, saltivine, diallysulvide, alipropil-disulfida, protein, lemak, fosfor, jat besi, serta vitamin A, B2, dan C.

Meskipun memiliki bentuk dan khasiat yang berbeda, cara menanam bawang putih tunggal tidak berbeda dengan menanam bawang putih biasa.

Nah sampai sini sudah tahu perbedaan bawang putih tunggal dengan bawang putih biasa?.

Leave a Reply

0
Scroll to Top