fbpx

5 Jenis Kacang-kacangan yang Sering dijumpai

Dalam istilah botani, kacang disebut dengan biji. Biji yang dimaksud adalah biji yang dihasilkan oleh tumbuhan polong-polongan. Dikehidupan sehari-hari, kacang-kacangan biasa dijadikan sebagai makanan. Karena mengandung banyak manfaat serta baik untuk kesehatan. Banyak sekali jenis-jenis kacang yang sering dijumpai, dan setiap kacang memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Berikut ini jenis-jenisnya:

Kacang tanah

Image Via Sajiansedap.grid.id

Sejalan dengan Namanya, kacang ini terdapat di dalam tanah. Kacang tanah merupakan kacang yang sangat populer di Indonesia, karena sering dijumpai di banyak tempat. Bahkan di warung-warung kacang tanah dijadikan sebagai bahan jualan yang harus ada. Kacang ini sering dijadikan sebagai bumbu untuk memasak, salah satu contohnya yaitu untuk membuat bumbu sate. Bahan utama dari bumbu sate yaitu kacang tanah. Kacang tanah ini memiliki kandungan yang berbeda ketika di rebus Bersama kulit dan di kupas.  tetapi masih sama-sama memiliki banyak manfaat.

Bentuk dari kacang tanah cukup besar, dari satu buah kacang terdapat beberapa biji kacang tanah. Kacang tanah memiliki tekstur yang renyah ketika di oven.

Kacang kedelai

Image via Idntimes.com

Suka memakan kecap, tahu atau tempe?. Apakah sudah tahu bahwa kacang kedelai adalah bahan dasarnya?. Kacang kedelai ini sering diolah menjadi beberapa produk, seperti produk-produk tadi. Sumber utaman protein dan minyak nabati dunia dimiliki oleh kacang kedelai. Kedelai merupakan biji berkeping dua yang terbungkus kulit. Ada beberapa macam warna dari kacang kedelai, seperti warna kuning, hitam, hijau dan coklat. Keledai hitam biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan kecap.

Kacang hijau

Image via Review.bukalapak.com

selanjutnya adalah Kacang hijau atau nama ilmiahnya Vigna radiata. kacang hijau merupakan tumbuhan yang juga masuk ke suku polong-polongan. Dalam posisi terpenting tanaman legume di Indonesia Kacang hijau ini berada di urutan ketiga setelah kacang tanah dan kacang kedelai. Kacang ini biasa dijadikan bubur setelah di rebus. Selain itu, kecambah kacang hijau bisa dijadikan sayuran yang bernama tauge. Kacang ini memiliki ukuran yang kecil dan pastinya berwarna hijau.

Kacang polong

Image via Dream.co.id

Ercis atau kacang polong merupakan tumbuhan yang dibawa oleh kolonial belanda. Kacang ini populer di Eropa untuk dijadikan salad atau sup. Kacang polong merupakan tumbuhan yang menghasilkan sayuran, sayuran tersebut berupa biji Hijau. sama seperti kacang lainnya, kacang polong juga kaya akan protein dan karbohidrat. Manfaat dari kacang polong diantaranya dapat membantu menjaga gula darah dan melancarkan pencernaan.

Kacang merah

Image via Sumsel.idntimes.com

Kacang merah Memiliki manfaat yang banyak seperti dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah kenaikan darah, dan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil. Kacang ini sering dijumpai di beberapa masakan seperti rendang,sup kacang merah, ataupun es kacang merah. Bentuk dari kacang merah sama seperti kacang hijau, akan tetapi ukurannya lebih besar dan memiliki warna yang merah kehitaman.

Disamping manfaatnya, kacang ini juga memiliki racun pada kacang yang masih mentah. Hal itu bisa dihindari dengan cara merendam atau memasaknya. Jadi tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kacang merah ini.

Karena meiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi, mengonsumsi kacang-kacangan merupakan hal yang baik. Entah itu berbentuk tempe, tahu, atau menjadi makanan ringan seperti kacang tanah. Itulah lima jenis kacang-kacangan yang sering ditemui di Indonesia, selain itu masih banyak pula jenis lain yang cukup populer.

Leave a Reply

0
Scroll to Top