Perbedaan Susu Sapi Biasa VS Susu Sapi A2 yang Sedang Hits!

Susu merupakan superfood yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Susu menjadi sumber tinggi protein, energi, kalsium, magnesium, fosfat, lemak sehat dan lain sebagainya. Kita dianjurkan menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, yaitu nasi, lauk-pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan agar tetap sehat, serta disempurnakan dengan mengonsumsi susu. Namun, pernahkah ketika meminum susu, bukan hasil sempurna yang diperoleh melainkan mual, sakit perut, kembung, bahkan hingga diare? Sungguh ironi, disaat  ingin pola makan diperbaiki, justru tubuh bereaksi alergi.  Eits, tapi tunggu dulu! Kabar gembira untuk kita semua, susu sapi kini ada yang dipercaya tidak memiliki efek gangguan pencernaan loh, susu sapi apakah itu?

Susu yang dipercaya ramah terhadap sistem pencernaan adalah susu sapi A2. Seiring berkembangnya teknologi, dunia peternakan pun mengalami hal yang serupa, untuk memenuhi kebutuhan konsumen termasuk menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat, maka tercetus berbagai inovasi, salah satunya sapi A2 yang mampu menghasilkan susu tanpa menimbulkan resiko gangguan pencernaan. Mengapa susu A2 berbeda dengan susu biasa? Apakah kandungannya? Penasaran kan? Yuk, simak penjelasan berikut!

Photo by Jakob Cotton on Unsplash

Mengapa Susu Sapi A2 Lebih Toleran?

Pada umumnya, susu mengandung protein berupa beta casein A1 dan A2 dengan rasio 40:60. Kedua protein ini memiliki manfaat yang diperlukan oleh tubuh antara lain untuk perkembangan massa otot dan membantu memperkuat sistem imun. Namun sebagian orang tidak toleran terhadap kandungan beta casein A1. Karena kandungan ini ketika masuk ke dalam sistem pencernaan, dipecah menjadi senyawa beta casormophin (BCM-7), justru menyebabkan mual, kembung, hingga diare karena reaksi sistem pencernaan yang tidak toleran terhadap senyawa tersebut.

Protein beta casein A2 bersifat natural, lebih mudah diserap oleh tubuh, dan mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Melalui seleksi DNA yang ketat, akhirnya dapat menghasilkan sapi yang mampu memproduksi susu dengan kandungan 100% protein A2 (free A1). Susu sapi A2 mampu menjadi solusi bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi biasa namun tetap ingin memenuhi nutrisi hariannya.

Sekarang, sudah tahu yah perbedaan dan alasan mengapa susu sapi A2 direkomendasikan bagi penderita alergi susu.  Bukan berati susu biasa tidak baik, semua bagus untuk dikonsumsi, namun sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Khusus bagi teman-teman yang alergi susu sapi kini sudah tidak perlu khawatir yah. Selamat menikmati pola makan 4 sehat 5 sempurnamu!

Leave a Reply

0
Scroll to Top