fbpx

3 Fakta Menarik Sayuran Kale “Si Superfood”

Ketika pertama kali mendengar kata “KALE”, apa yang langsung terbayang? Apakah kale si sayur hijau kaya manfaat? Atau si Kale yang diperankan oleh Ardhito di film Story of Kale : When Someone’s in love nih? Tentu, siapapun yang langsung terngiang di pikiran itu bebas dan sah-sah saja. Namun kali ini kita akan membahas tentang fakta menarik sayuran kale yang meliputi jenis-jenisnya, kandungan nutrisi sayuran kale, dan manfaat bagi yang mengonsumsinya.

sayuran kale
Sumber : canva.com (Kale)

Kale adalah jenis sayur yang akhir-akhir ini sedang gencar diburu oleh banyak orang. Mengapa demikian? Popularitas sayur kale ini tidak lepas dari kabar yang beredar bahwa kale disebut sebagai superfood. Bahkan diberi tittle sebagai The Queen of Vegetables! Hal ini dikarenakan tingginya kandungan zat gizi pada sayur kale. Nutrisi yang tinggi berjalan berdampingan dengan besarnya manfaat kale yang superior. Penasaran kan sebenarnya apa saja jenis sayuran kale itu? Bagaimana kandungan nutrisinya? Dan apa saja manfaat bagi yang mengonsumsinya? Yuk, simak fakta-fakta menarik berikut ini yah!

Jenis-jenis Sayuran Kale

Sayuran kale memiliki nama lain Brassica oleracea. Dilansir dari beberapa sumber, ada berbagai jenis sayur kale yang sering dijumpai dan cukup familiar, antara lain:

1. Curly Kale

sayuran kale
Sumber : canva.com (Kale)

Sesuai dengan namanya, bentuk daun kale ini adalah keriting. Curly Kale termasuk jenis sayuran kale yang paling sering dijumpai. Sebagian orang merasa bahwa jenis yang satu ini cenderung sedikit pahit. Memiliki warna hijau, berdaun lebar, dan keriting (curly). Jenis ini cocok disajikan dalam bentuk salad atau minuman seperti smoothies. Bisa juga dijadikan keripik kale loh!

2. Lacinato Kale atau Kale Nero

sayuran kale
Sumber : pixabay.com (Kale)

Jenis sayuran kale yang satu ini lebih familiar dengan sebutan kale Nero di Indonesia. Kale Nero memiliki warna hijau gelap. Terkadang juga muncul sedikit guratan berwarna biru yang membuat jenis kale ini sangat cantik dan estetik ketika food plating. Lacinato Kale menjadi salah satu makanan yang populer di Italia seperti pesto dan sop minestrone. Namun biasanya juga disajikan dengan sederhana bersama bawang putih, minyak zaitun, dan taburan chilli flakes.

3. Chinese Kale atau Kailan

Kailan
Sumber : canva.com (Kale)

Nah, kalo jenis sayuran kale yang satu ini jelas tidak asing bagi kita. Sering dijumpai dengan sebutan Kailan di Indonesia. Serupa tapi tak sama dengan kerabatnya seperti caisim dan pakcoy yah? Untuk memperoleh manfaat sayur jenis ini, umumnya diolah dengan cara ditumis.

4. Redbor Kale

Jenis kale
Sumber : canva.com (Kale)

Jenis sayuran kale ini memiliki warna yang sangat menawan. Sebagian orang biasa menanam Redbore kale sebagai tanaman hias karena warna merah keunguan yang indah. Namun jangan salah, selain tampilan yang memesona, nutrisinya pun sangat baik. Manfaat kale jenis ini juga luar biasa. Sehingga baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita. Penyajiannya pun terbilang sederhana, cukup dibuat sup atau salad.

5. Red Russian Kale

Red Russian Kale
Sumber : canva.com (Kale)

Sayuran kale yang satu ini merupakan yang paling manis diantara yang lain. Sesuai dengan namanya yang memiliki guratan berwarna merah yang cantik dan berbentuk mirip dengan curly kale. Tak jauh berbeda dengan redbore kale, jenis ini juga nampak sangat cantik saat disajikan. Paling cocok dijadikan smoothies, jus, dan salad. Namun apabila tidak terbiasa menggunakan sayuran sebagai salad dan jus, bisa juga diolah menjadi tumisan. Dengan catatan, tulang daunnya dibuang yah, karena cukup keras apabila dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Sayuran Kale

Sesuai dengan sebutannya sebagai The Queen of Vegetables, tentu saja ada alasan yang kuat dibalik title ini.  Sayur ini terkenal dengan kandungan nutrisinya yang kaya dan lengkap. Apa saja yah kandungan nutrisi sayuran kale hingga digandrungi oleh banyak orang? Yuk, lihat tabel berikut ini!

Kandungan Nutrisi
Sumber : Data dari USDA

Manfaat Sayuran Kale

Dilansir dari laman BBC, ada 5 manfaat superior kale, antara lain:

1. Sayuran kale mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jenis sayur ini mengandung unsur-unsur yang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Diantarannya vitamin E, beta-karoten, serta 4 kali kandungan vitamin C dan 2 kali selenium lebih banyak dari sayuran bayam.

2. Sayuran kale berfungsi meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang

Kandungan mineral pada sayur ini termasuk sangat tinggi. Kale menjadi salah satu sumber kalsium nabati yang mampu mendongkrak kesehatan tulang serta gigi. Selain itu juga merupakan sumber vitamin K yang baik. Menurut penelitian, vitamin K yang “bekerjasama” dengan vitamin D akan mendukung sistem metabolisme tulang menjadi lebih sehat.

3. Sayuran kale berperan menjaga kesehatan jantung

Sayur yang satu ini mampu mencegah penyakit jantung karena mengandung kalium atau potassium yang mampu menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan baik. Selain itu, kale juga mengandung zat yang mampu mengatur kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa manfaat ini tetap dapat diperoleh dengan diolah menjadi jus ataupun dikukus.

4. Sayuran kale berpotensi mengurangi resiko kanker

Adanya kandungan sulforphane dan indol-3-carbonol menjadi salah satu unsur yang memiliki kemampuan melindungi dari resiko penyakit kanker. Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

5. Sayuran kale bermanfaat menjaga kesehatan mata

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi hijauan ini adalah mampu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kale memiliki unsur fitonutrien, lutein, dan zeaxanthin yang mendukung kesehatan penglihatan kita. Zat-zat ini mampu mengurangi resiko katarak ketika dikonsumsi secara rutin.

Itulah kemampuan superfood Kale. Tertarik untuk mencobanya? Boleh loh dicoba dengan menanam sendiri dulu. Bisa langsung beli Benih Tanaman Kale Dwarf Curly Isi 30 Benih – Star Farm. Ada sensasi kepuasan dalam diri ketika bisa menanam dan memanennya sendiri. Hanya dengan Rp 15.000 sudah bisa mendapatkan The Queen of Vegetables!

Leave a Reply

0
Scroll to Top