Mengenal Karakter Kucing Ragdol, Si Tambun yang Menggemaskan

Pecinta hewan berbulu pasti sudah sering mendengar dan bahkan memiliki salah satu jenis kucing besar yang menggemaskan ini. Ya, kucing ragdol adalah jenis kucing hias yang bertubuh besar, tambun, berbulu lebat dan berkarakter lembut.

Kucing yang satu ini adalah jenis kucing hasil persilangan antara gen ras persia dengan ras birman serta dengan ras burmese. Ingin tahu lebih banyak tentang kucing ini? Yuk simak info berikut.

Ciri dan Karakter Kucing Ragdol

Ragdol adalah jenis kucing yang disilangkan untuk mendapatkan trah atau keturunan kucing dengan postur tubuh yang besar dan tambun. Dahulu, kucing ini belum diakui secara sah sebagai jenis kucing standar di dunia.

Namun pada tahun 1971, sebuah organisasi pencinta ragdol mendirikan organisasi khusus yang mendukung kucing ragdol masuk dalam daftar jenis kucing. Sejak saat itulah, ragdol semakin mendunia dan banyak dijadikan hewan peliharaan.

Berikut ini adalah ciri fisik dari ras ragdol yang paling mudah ditemui yaitu :

1. Berperawakan Besar

Kucing yang satu ini memiliki perawakan tubuh yang besar dengan tinggi bahu mencapai 28 sampai 33 cm. Bobot kucing dewasa jantan bisa berkisar antara 12 sampai 20 pon atau sekitar 4 sampai 9 kg.

2. Bulu

Ras ragdol dikenal dengan bulu yang sangat tebal dan menyelimuti seluruh anggota tubuhnya. Bulunya cukup panjang menyerupai bulu yang ada pada kelinci. Selain itu, bulu ragdol juga terbilang cukup halus apalagi jika dirawat dengan baik.

3. Bentuk Mata

Salah satu daya tarik ragdol adalah dari bentuk dan warna matanya. Mata kucing ini berbentuk seperti biji almond dan sebagian besar ras ragdol memiliki bola mata berwarna biru.

4. Bentuk Kaki

Kaki ragdol terbilang cukup panjang. Hal ini dikarenakan ukuran tubuhnya yang besar sehingga membutuhkan kaki jenjang yang kuat.

5. Bentuk Telinga

Bentuk telinga ras ragdol cukup besar dan berdiri menjulang. Jarak antara telinga kanan dan telinga kiri tidak begitu jauh atau berdekatan.

6. Perut

Bagian perut kucing ini nampak gempal serta bagian bahunya melebar dan terlihat kokoh.

7. Panjang Ekor

Ragdol adalah jenis kucing yang memiliki ekor panjang dan ekornya pun berbulu cukup lebat. Bulu pada ekor tumbuh di semua bagian ekornya tanpa terkecuali.

8. Corak Bulu

Jenis ragdol tidak mempunyai satu corak bulu secara khusus. Mereka memiliki banyak ragam corak seperti mitted, bicolor dan colorpoint. Ragdol dengan corak colorpoint akan nampak seperti kucing persia himalaya dengan warna cenderung gelap di beberapa pointnya.

9. Warna Bulu

Kucing ragdol memiliki aneka warna bulu seperti lilac, seal, coklat, krem, merah dan biru. Terkadang, Anda juga bisa menemukan beberapa kucing dengan kombinasi warna.

10. Karakter

Kucing hasil persilangan ini termasuk jenis kucing yang ramah pada manusia. Mereka juga memiliki keunikan tersendiri yang bisa membuat manusia jatuh cinta dan memeliharanya. Berikut ini adalah karakteristik ras ragdol pada umumnya yaitu :

  • Ramah
  • Perhatian
  • Bersahabat
  • Lembut
  • Tidak suka mengganggu
  • Tidak mudah melekat pada orang asing
  • Gemar bermain
  • Aktif
  • Suka berkeliling di sekitar pemiliknya

Salah satu karakter ragdol yang paling membuatnya diminati adalah sifat manjanya. Hampir semua pemelihara kucing menyukai sifat manja kucing yang satu ini. Tubuhnya yang besar dan gemuk memang sangat menggemaskan untuk disentuh.

Itulah beberapa ciri fisik dan karakter jenis kucing ragdol yang perlu Anda ketahui. Kucing yang satu ini memang menarik untuk dipelihara. Berminat untuk memilikinya?

Leave a Reply

0
Scroll to Top