fbpx

Jenis Ular Peliharaan untuk Pemula yang Aman

Ada lho jenis ular peliharaan untuk pemula yang aman dipelihara. Wah, apa saja ya jenis ular tersebut?

Anda tertarik untuk memelihara ular? Bagi sebagian orang memelihara ular mungkin terdengar menakutkan. Namun, tidak bagi pecinta reptil. Hewan melata satu ini memiliki pesona tersendiri. Selain itu, dapat menjadi peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan kolektor. Tetapi perlu diingat, bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai ular, bahkan memerintahkan umatnya untuk membunuhnya. Berikut adalah beberapa jenis ular peliharaan yang tidak terlalu bahaya.

Daftar Jenis Ular Peliharaan untuk Pemula

Berikut beberapa jenis ular peliharaan untuk pemula yang perawatannya cukup mudah. Anda tidak memerlukan keahlian khusus layaknya pawang ular.

1. Ular Pelangi

Ular pelangi terkategori reptil jinak, tidak berbisa, sehingga aman untuk dipelihara. Banyak orang menyukainya karena memiliki kulit cokelat atau hitam nan cantik. Saat terkena cahaya matahari, kulitnya akan berkilau seperti pelangi.

Ular pelangi dewasa dapat tumbuh sepanjang 1 meter. Untuk memeliharanya, Anda hanya cukup memberinya makan katak, kadal, atau jenis ular lain yang lebih kecil.

2. Ular Piton

Anda sering melihat pertunjukan ular yang penontonnya diperbolehkan berfoto? Hewan itu adalah spesies piton. Reptil dengan tubuh terpanjang di dunia. Saat dewasa dapat mencapai 10 meter.

Makanan jenis ular peliharaan ini ketika masih kecil adalah burung, biawak, atau kodok. Sementara ketika sudah besar, piton membutuhkan makanan berupa ayam, rusa, atau daging lain yang berukuran besar. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya pilih piton berukuran kecil.

3. Ular Jagung Merah

Spesies lain yang cocok dipelihara untuk pemula adalah ular jagung merah atau corn snake. Reptil ini tidak berbisa dan cukup jinak. Coraknya terdiri dari perpaduan warna kuning dan merah.

Sementara panjangnya saat dewasa bisa mencapai 1,2 meter. Saat memeliharanya nanti Anda perlu menyiapkan akuarium 20 galon dan makanan berupa hewan pengerat, seperti tikus.

4. Ular Raja Amerika

Hewan ini disebut sebagai raja karena sering memangsa ular jenis lainnya. Ular Raja Amerika atau California King Snake memiliki corak warna beragam. Salah satunya perpaduan warna hitam dan putih.

Panjang tubuhnya rata-rata mencapai 1,4 meter. Jika Anda tertarik memelihara binatang reptil ini, buat kandang seluas mungkin dan siapkan makanan berupa katak, serangga, atau burung kecil.

5. Ular Garter

Ular Garter adalah jenis ular peliharaan yang memiliki karakter lebih lembut dibandingkan lainnya. Namun, untuk menjinakkannya membutuhkan waktu cukup lama. Daya tarik reptil ini adalah corak tubuhnya yang berwarna dasar hijau atau cokelat, kemudian dihiasi dengan garis-garis kuning. Rata-rata panjangnya sekitar 1,3 meter. Sementara untuk makanannya hewan ini suka burung, hewan pengerat, katak, dan ikan-ikan kecil.

6. Ular Red Tail Boa

Mencari ular dengan corak menawan? Pelihara saja ular red tail boa. Reptil yang paling sering diperdagangkan ini memiliki khas warna merah pada ekornya. Termasuk cocok dipelihara karena tidak berbisa. Kemudian umurnya cukup panjang dibandingkan lainnya, yakni sampai 30 tahun. Soal makanan Anda harus memberinya tikus besar atau kelinci.

7. Ular Lavender Albino Ball Python

Lavender Albino Ball Python adalah ular favorit pemelihara pemula sampai berpengalaman. Pasalnya, meski terlihat garang, namun mudah dijinakkan. Selain itu, hewan ini juga mempunyai kulit begitu cantik. Makanan kesukaannya adalah hewan pengerat, seperti tikus. Anda hanya perlu memberinya dua kali dalam seminggu.

Nah, itulah jenis ular peliharaan untuk pemula yang tidak terlalu berbahaya terhadap manusia. Kira-kira mana yang menarik perhatian Anda? Sebelum memutuskan, sebaiknya pelajari secara mendalam mengenai karakter, bentuk kandang, makanan, serta sangat perlu dipertimbangkan hadits Rasulullah tentang ular. Sebab, meski terkategori aman dipelihara, ular tetap satwa liar dengan sifat alamnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top