fbpx

5 Jenis Kucing Hias di Indonesia, Bikin Gemas

Berbagai jenis kucing hias di Indonesia memiliki daya tariknya tersendiri. Anda bisa memelihara jenis kucing yang paling istimewa.

Kucing merupakan jenis binatang peliharaan paling digemari oleh banyak orang. Binatang ini memang lucu, menggemaskan, dan memiliki berbagai macam jenis ras. Di Indonesia sendiri, terdapat beragam jenis ras kucing yang bisa Anda temukan.

Jenis Kucing Hias di Indonesia

Jika Anda bermaksud untuk memelihara kucing, Anda bisa memilih jenis kucing hias di Indonesia yang paling populer. Berikut beberapa pilihan jenis kucing menarik yang bisa Anda pelihara di rumah.

1. Persia

Kucing Persia merupakan jenis kucing hias yang memiliki sifat sangat manja. Binatang ini memiliki bulu tebal. Anda harus rajin menyisirnya agar bulu selalu terlihat rapi dan indah. Kucing jenis Persia sangat identik dengan tubuh gemuk dan besar.

Ciri khas lainnya adalah wajah bulat dan pesek. Ini membuat si kucing terlihat semakin menggemaskan. Jenis kucing Persia banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa jenis kucing Persia mulai dari Flatnose, Peaknose, kucing Persia ukuran medium, kucing Persia shorthair alias rambut pendek, hingga kucing Persia Himalaya.

2. Kucing Kampung

Sama seperti namanya, kucing kampung adalah jenis kucing hias di Indonesia yang banyak ditemukan secara liar di berbagai tempat. Jangan salah, jika mereka dirawat dan dipelihara dengan baik, kucing kampung menjadi sangat penurut dan menggemaskan.

Banyak pula kontes-kontes hewan peliharaan yang melibatkan kucing kampung di era sekarang. Warna kucing kampung sangat khas. Ada warna putih mulus, kuning, kuning putih, putih hitam, atau kembang telon atau memiliki 3 warna.

Kemampuan berburu predator tikus di rumah merupakan keahlian para kucing kampung. Meskipun tidak terlalu menggemaskan seperti kucing Persia, namun perawatan kucing kampung jauh lebih mudah.

3. Anggora

Kucing Anggora bisa dibilang sebagai jenis kucing hias di Indonesia yang paling populer. Hewan dengan ukuran besar dari ras Turki ini sering disebut dengan nama kucing Ankara.

Bulunya sangat indah dan kepalanya berbentuk segitiga. Dengan ekor yang mengembang serta panjang, kucing Anggora terlihat semakin menggemaskan. Kucing Anggora merupakan jenis kucing yang akrab dengan manusia.

Meskipun tubuhnya besar, ia sangat energik dan snang berjalan-jalan. Tidak heran jika kucing ini tidak suka dikurung di kandang. Tidak apa, Anda bisa memberikan kesempatan kepada kucing Anggora untuk berjalan-jalan. Mereka bisa kembali dengan baik. Kucing cerdas dan penurut ini bisa dilatih untuk melakukan berbagai hal dengan cukup mudah.

4. Munchkin

Jenis kucing hias yang sudah cukup populer di Indonesia ini sangat identik dengan bentuk kakinya yang pendek. Bahkan, kucing Munchkin dikenal sebagai kucing dengan kaki yang terpendek dari ras-ras lain di dunia.

Kaki pendek tersebut disebabkan karena mutasi dari genetik alami. Tubuhnya yang pendek lantas tidak membuat kucing ini tidak digemari. Kucing ini sangat suka bermain dan mudah beradaptasi. Tubuhnya kecil tidak seperti Kucing persia dan Anggora.

Ia lebih mirip seperti kelinci ketimbang kucing. Perawatan kucing ini cukup mudah. Agar badannya sehat, Anda bisa memberi makanan tinggi protein.

5. Siamese

Kucing dari ras oriental ini juga sering disebut dengan nama kucing Siam. Yang paling menarik dari kucing ini adalah warna bulu yang selalu sama dengan warna bola mata. Kucing ini memiliki berat badan 4 kg hingga 7 kg.

Tubuhnya ramping dengan ekor yang panjang membuat kucing Siam cukup mirip dengan kucing kampung. Jenis kucing hias ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Namun, sifat kucing ini cukup unik. Ia tidak bisa ditinggal sendirian di rumah. Menariknya, kucing ini sangat mudah untuk berbaur dengan hewan peliharaan lainnya.

Berbagai jenis kucing di atas bisa menjadi teman bermain di rumah yang sangat menyenangkan. Anda bisa memilih jenis kucing yang bisa dirawat dengan mudah agar tidak terlalu merepotkan. Pilihlah jenis kucing hias di Indonesia yang paling lucu sehingga bisa membuat Anda terhibur setiap waktu.

Leave a Reply

0
Scroll to Top
Scroll to Top